PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PELAJARAN FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NOFIANA LEHAH ERIKA WATI, 17201153235 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PELAJARAN FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 pada pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nofiana Lehah Erika Wati, NIM. 17201153235, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Saintifik, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya pemahaman mendalam pada materi pelajaran Fiqih pada siswa, khususnya siswa usia remaja seperti siswa MTs Sultan Agung Jabalsari ini. Materi pelajaran ini dapat dihantarkan menggunakan pendekatan pembelajran saintifik k13, dimana pendekatan belajar sebagai cara untuk memunculkan termotivasinya belajar pada siswa dan kemudian membantu terwujudnya suatu tujuan pembelajaran yang lebih maksimal. Dalam persoalan ini peneliti menghubungkan antara pendekatan pemebelajaran saintifik K13 yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih dengan motivasi dan hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan pembelajran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?. Metode penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa MTs Sultan Agung Jabalsari berjumlah 110 siswa, sampal dalam penelitian yaitu kelas VIII berjumlah 32 siswa, peneliti menggunakan metode Nonprobability Sampling dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan posttest, angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan Korelasi Bivariate Person, uji reliabilitas penelitian menggunakan Alpha Cronbach, uji homogenitas menggunakan Test of Homogeniety of Variances, uji normalitas menggunakan One-sample Kolmogorov-smirnov Test, sedangkan uji hipotesis di uji menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran Fiqih terhadap motivasi siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung hasil dengan cara membandingkan nilai dari uji manova dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05. (2) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung hasil dengan cara membandingkan nilai dari uji manova dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05. (3) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung hasil cara membandingkan nilai dari uji manova dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153235 NOFIANA LEHAH ERIKA WATI
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:18
Last Modified: 10 Jul 2019 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12037

Actions (login required)

View Item View Item