NOFIANA LEHAH ERIKA WATI, 17201153235 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PELAJARAN FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 pada pelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nofiana Lehah Erika Wati, NIM. 17201153235, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Saintifik, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya pemahaman mendalam pada materi pelajaran Fiqih pada siswa, khususnya siswa usia remaja seperti siswa MTs Sultan Agung Jabalsari ini. Materi pelajaran ini dapat dihantarkan menggunakan pendekatan pembelajran saintifik k13, dimana pendekatan belajar sebagai cara untuk memunculkan termotivasinya belajar pada siswa dan kemudian membantu terwujudnya suatu tujuan pembelajaran yang lebih maksimal. Dalam persoalan ini peneliti menghubungkan antara pendekatan pemebelajaran saintifik K13 yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih dengan motivasi dan hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan pembelajran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa MTs sultan agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?. Metode penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa MTs Sultan Agung Jabalsari berjumlah 110 siswa, sampal dalam penelitian yaitu kelas VIII berjumlah 32 siswa, peneliti menggunakan metode Nonprobability Sampling dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan posttest, angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan Korelasi Bivariate Person, uji reliabilitas penelitian menggunakan Alpha Cronbach, uji homogenitas menggunakan Test of Homogeniety of Variances, uji normalitas menggunakan One-sample Kolmogorov-smirnov Test, sedangkan uji hipotesis di uji menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran Fiqih terhadap motivasi siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung hasil dengan cara membandingkan nilai dari uji manova dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05. (2) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung hasil dengan cara membandingkan nilai dari uji manova dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05. (3) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 pada pelajaran fiqih terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung hasil cara membandingkan nilai dari uji manova dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153235 NOFIANA LEHAH ERIKA WATI |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 07:18 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12037 |
Actions (login required)
View Item |