PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUL HUDA WONODADI BILTAR TAHUN 2018/2019

NAFI’ATUL HASANAH, 17201153280 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUL HUDA WONODADI BILTAR TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” Skripsi Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Disusun oleh Nafi’atul Hasanah, NIM 17201153280, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Nurcholis. S. S. M. Pd, NIP 19780801 2009006. Kata Kunci: Media video, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomenal pembelajaran fiqih yang kurang optimal di madrasah-madrasah pada umunya. Hal tersebut disebabkan oleh faktor intern adanya kekurangan minat belajar peserta didik pada pelajaran fiqih dan juga faktor ekstern yaitu kurang adanya metode yang menyenangkan dan bervariasi dalam pelajaran fiqih. Oleh karena itu MTs Darul Huda Wonodadi Blitar memiliki tritment dalam pengajaran ilmu fiqih yaitu menggunakan video pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dimana video pembelajaran tersebut memiliki keistimewaan yaitu Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas vii pada mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar dan sampel diambil secara random yang berjumlah 52 siswa. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa video pembelajaran baik sebagai alat pembelajaran, alat motivasi, dan alat penyaji informasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai seluruh signifikansi X1, X2, dan X3 terhadap Y lebih kecil dari 0,05. Dengan adanya penggunaan video pembelajaran di kelas fiqih, maka siswa yang pada mulanya kurang memperhatikan pembelajaran dikarenakan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik, merasa jenuh ketika dikelas, dan akhirnya cenderung memiliki prestasi belajar yang menurun, berubah menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk belajar, lebih aktif dalan proses pembelajaran di kelas, dan hasil belajar siswa pun juga meningkat. Oleh karena itu, guru harus mengoptimalkan penggunaan video pembelajaran dalam proses pengajaran fiqih di kelas agar nantinya bukan hanya prestasi belajar siswa yang meningkat, tapi juga morivasi, semangat, dan keaktifan siswa di kelas juga dapat meningkat disamping membantu mempermudah siswa memahami materi dan prakteknya. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar fiqih kelas VII di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar meningkat dengan adanya video pembelajaran siswa. hal itu dikarenakan siswa merasa termotivasi dengan media belajar yang menarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153280 NAFI’ATUL HASANAH
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:00
Last Modified: 22 Jul 2019 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item