STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN PENDEKATAN KLASIKAL MURNI DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUSTHOFA

nila nur kusnaeni, 17201153279 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN PENDEKATAN KLASIKAL MURNI DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUSTHOFA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

xiii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Pendekatan Klasikal Murni di Pondok Pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Nila Nur Kusnaeni, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 17201153279 dibimbing oleh Mustofa, S.S., M. Pd. Kata Kunci: Strategi pembelajaran Al-Qur’an, Pendekatan Klasikal Murni Fenomena pendidikan Islam yang dihadapkan pada zaman modern ini banyaknya macam teknologi yang semakin canggih sehingga mempengaruhi tumbuh kembangnya peserta didik saat ini khususnya dalam pembelajaran Al Qur’an. Maka ustadzah pondok pesantren Raudlatu Musthofa mempunyai strateg strategi dalam pembelajaran agar tercapainya sasaran dan tujuan pembelajaran dengan baik. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1 ) Bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an di pondok pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran Al-Qur’an dengan pendekatan klasikal murni di pondok pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran Al Qur’an dengan pendekatan klsikal baca simak individu dan kelompok di pondok pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran Al-Qur’an di pondok pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan penggunaan strategi pembelajaran Al Qur’an dengan pendekatan klasikal murni di pondok pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan penggunaan stratgi pembelajaran Al-Qur’an dengan pendekatan klasikal baca simak individu dan kelompok di pondok pesantren Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, verivikasi. Penelitian inii juga melakukan pengecekan keabsahan data, tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di pondok Pesantren Raudlatul Musthofa yaitu dengan cara sorogan, klasikal baca simak individu dan kelompok dengan adanya strategi yang digunakan ustdzah santri sudah masuk kategori baik. (2) Penggunaan strategi pembelajaran Al-Qur’an dengan pendekatan klasikal murni dengan pembelajaran awal diawali dengan mengucap salam, do’a bersama, ustadzah membacakan ayat Al-Qur’an, santri menyimak kemudian santri menirukan bacaan ustdzah dan pembahasan materi ilmu tajwid. (3) Penggunaan strategi pembelajaran Al-Qur’an dengan pendekatan klasikal baca simak individu dan kelompok. Pendekatan kalsikal baca simak individu yaitu pengulangan materi untuk memantapkan santri dalam hal membaca secarabergiliran. Sedangkan klasikal baca simak kelompok dipraktekkan santri dalam pembagian waktu untuk kelompok dan sebagian untuk individidu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201152279 nila nur kusnaeni
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:45
Last Modified: 22 Jul 2019 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12079

Actions (login required)

View Item View Item