KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN STUDI KASUS DI MTsN 5 KEDIRI

INDA PRATIYA, 17201153489 (2019) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN STUDI KASUS DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I .pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (750kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (862kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
bab VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Inovasi Lembaga Pendidikan Studi Kasus di MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Inda Pratiya, NIM. 17201153489, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Kepemimpinan, Inovasi, gaya kepemimpinan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepala madrasah sebagai pemimpin yang membawa kemajuan lembaga pendidikan perlu memerankan kepemimpinannya dengan baik yaitu dengan melakukan inovasi (pembaharuan) sistem pendidikan yang terlaksana di madrasah yang dipimpinnya. Dengan adanya inovasi diharapkan mampu menciptakan suasana pendidikan yang berkualitas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal inilah yang mengantarkan peneliti kepada judul. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk : (1) untuk memaparkan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi lembaga pendidikan studi kasus di MTsN 5 Kediri, (2) untuk memaparkan hambatan kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi lembaga pendidikan studi kasus di MTsN 5 Kediri, (3) untuk memaparkan dampak kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi lembaga pendidikan studi kasus di MTsN 5 Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif study kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data dengan uji kredibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kapastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi lembaga pendidikan menggunakan gaya kepemimpinan yang demokratis, pengambilan keputusan, dan kebijakan-kebijakan mengutaman bermusyawarah. Inovasi dari bapak kepala madrasah sudah terlihat dan tertata mulai sarana prasarana akademik maupun non akademik dan pembinaan siswa. Hambatan yang ditemui bapak kepala madrasah adalah kurangnya pemahaman siswa mengenai kedisiplinan, daya dukung yang masih perlu ditingkatkan, dan dari segi material yaitu keuagan karena madrasah tidak mendapat bantuan dari perintah melainkan melakukan swadaya sendiri. Dampak yang dirasakan ialah terciptanya suasana yang huyub rukun ayem tentrem siswa nyaman dalam belajar dan lingkungan madrasah semakin nyaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153489 INDA PRATIYA
Date Deposited: 12 Jul 2019 07:08
Last Modified: 12 Jul 2019 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12092

Actions (login required)

View Item View Item