STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NIKMAH ISTI FARIDA, 17201153069 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Nikmah Isti Farida, NIM. 17201153069. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP. 1981080 200912 1004 Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Spiritual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya sekolah umum yang hanya unggul dalam nilai akademik dan mengesampingkan nilai-nilai spiritual. SMP Negeri 1 Sumbergempol merupakan lembaga Pendidikan umum yang sangat memperhatikan kebutuhan spiritual peserta didik. Sekolah ini memiliki siswi yang semuanya berjilbab meski berlatar belakang Sekolah umum. Sekolah memiliki program kegiatan spiritual yang diprakarsai oleh guru Pendidikan Agama Islam. Kegiatan tersebut diantaranya adalah pembiasaan membaca surat yasin sebelum memulai pembelajaran,pembiasaan shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, pengumpulan dana infaq, shalat jumat, dan kajian fiqh wanita. Program tersebut diadakan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai spiritual kepada peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi dan cara yang tepat agar peserta didiknya memiliki kecerdasan spiritual yang kuat. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung; (2) untuk mendeskripsikan strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung; (3) untuk mendeskripsikan hasil strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologis dengan jenis penelitian lapangan. Objek penelitian ini adalah di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Strategi pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol meliputi: a) mengorganisasi isi pelajaran yang terdiri dari mengorganisasi isi pelajaran secara keseluruhan dan mengorganisasi isi pelajaran per materi/bab; b) pengorganisasian peserta didik; c) pengorganisasian sistem pembelajaran. (2) Strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol, guru harus memperhatikan 3 hal yaitu: a) Media dan metode yang digunakan; b) interaksi peserta didik dengan media; c) bentuk belajar mengajar. 3) Hasil strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol adalahmembentuk peserta didik yang memiliki kesadaran diri,spontanitas positif, peduli dan empati, serta sabar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153069 NIKMAH ISTI FARIDA
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:09
Last Modified: 19 Sep 2019 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12099

Actions (login required)

View Item View Item