KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLTV KELAS X MAN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

APRILIA KHOIRUNISA', 17204153148 (2019) KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLTV KELAS X MAN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahkan Masalah Matematika Materi SPLTV Kelas X MAN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Aprilia Khoirunisa’, NIM. 17204153148, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah Kemampuan penalaran matematis merupakan bagian yang utama yang hendak dicapai dalam tujuan pembelajaran matematika. Dengan penalaran matematis, siswa dapat mengajukan dugaan kemudian menyusun bukti dan melakukan manipulasi terhadap permasalahan matematika serta menarik kesimpulan dengan benar dan tepat. Kemampuan penalaran siswa perlu dikembangkan untuk dapat memecahkan suatu masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X MAN 1 Trenggalek, 2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X MAN 1 Trenggalek, 3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas X IIS 1 dengan 2 subjek kemampuan matematika rendah, 2 subjek dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi indikator mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematis, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi , mampu menarik kesimpulan dari pernyataan dan mampu memeriksa keshahihan suatu argumen; 2) Kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi indikator mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematis; 3) Kemampuan penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi semua indikator.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 17204153148 APRILIA KHOIRUNISA'
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:18
Last Modified: 23 Jul 2019 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12205

Actions (login required)

View Item View Item