PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG

FITRIA WIDIAWATI, 17205153227 (2019) PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas V MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Fitria Widiawati, NIM. 17205153227, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M. Pd. I. Kata Kunci: Metode SQ3R, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Guru dalam menggunakan suatu metode kurang maksimal dan kurang bervariasi, selain itu Guru kurang memperhatikan kecocokan suatu materi dengan metode yang digunakan, sehingga hasil belajar yang dicapai oleh siswa kurang maksimal dan siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran khusunya siswa kelas V MIN 7 Tulungagung. Oleh sebab itu maka diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar menjadi lebih baik dan lebih maksimal, salah satunya dengan menggunakan metode SQ3R. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 7 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 7 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar psikomotorik mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 7 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIN Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIN Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar psikomotorik mata pelajaran Fiqih siswa kelas V MIN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa MIN 7 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Yang dijadikan sampel adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Dengan rincian kelas VA (kelas kontrol) 20 siswa dan kelas VB (kelas eksperimen) 20 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar kognitif diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,011 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode SQ3R terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 7 Tulungagung. (2) Berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar afektif diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode SQ3R terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 7 Tulungagung. (3) Berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar psikomotorik diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode SQ3R terhadap hasil belajar psikomotorik mata pelajaran fiqih siswa kelas V MIN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205153227 FITRIA WIDIAWATI
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:29
Last Modified: 24 Jul 2019 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item