FUTIKATUR ROHMAH, 17209153019 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP ISLAM AL-AZHAAR KEDUNGWARU, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (385kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (415kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” Skripsi ini ditulis oleh Futikatur Rohmah, NIM 17209153019, dosen pembimbing Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci : Strategi guru, Kesulitan Belajar Siswa dan Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah kadang kala kita jumpai siswa pada saat di sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini disebabkan oleh beberapa factor. Jika kesulitan-kesulitan yang ada tidak segera diatasi maka akan sangat mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa. Oleh karena itu berbagai pihak yang bersangkutan berusaha mengatasinya guna mencapai pendidikan yang seoptimal mungkin. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah jenis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung? (2) Apakah factor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung? (3) Strategi guru yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung (2) Untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung. (3) Untuk mengetahui strategi guru yang digunakan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi lalu dianalisis secara induktif. Setelah melakukan penelitian kemudian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Jenis kesulitan yang dihadapi siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung, diantaranya adalah, kesulitan dalam menghafal (tanggal, bulan, tahun),kesulitan dalam memahami materi, dan pembelajaran yang membosankan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru, Tulungagung, diantaranya factor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal, faktor yang berasal dari diri siswa tersebut seperti kecapean, malas, motivasi belajar siswa rendah, dan materi yang sangat banyak. Sedangkan factor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar siswa, yaitu seperti, kurangnya motivasi dari orangtua siswa, lingkungan sekitar yang kurang mendukung dan kreatifitas guru dalam memilih media serta metode dalam pembelajaran yang mempengaruhi siswa. (3) Startegi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Islam Al-azhaar Kedungwaru, Tulungagung adalah guru memberikan perhatian khusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan motivasi kepada siswa. Dengan demikian strategi guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dengan ini diharapkan semoga teratasi dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153019 FUTIKATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 02:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 02:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12226 |
Actions (login required)
View Item |