Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Siswa Kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar

Iva, Vitriani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Siswa Kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
daftar rujukan.docx

Download (19kB)
[img] Text
cover ST.doc

Download (100kB)
[img] Text
cover STAIN.doc

Download (99kB)
[img] Text
sampul.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI finish.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI finish.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI finish.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI finish.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI finish.docx

Download (20kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan di Indonesia selama ini lebih menekankan kepada teori belajar behaviorisme, sehingga kegiatan pembelajaran yang terjadi adalah bentuk transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Salah satu metode yang sering dipakai adalah metode ceramah, dimana siswa hanya diberi kesempatan untuk mendengarkan guru tanpa diberi kesempatan untuk mencari pengetahuan sendiri sehingga kreativitas dan pengetahuan siswa terbatas. MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar merupakan salah satu contoh MI yang masih sering menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) mampu meningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar saat mengikuti mata pelajaran matematika (3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar saat mengikuti mata pelajaran matematika (3) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi (1) Bagi lembaga, untuk dijadikan bahan pertimbangan dan tambahan informasi dalam menentukan langkah-langkah penggunaan metode pengajaran pendidikan matematika pada khususnya. (2) Bagi guru, sebagai bahan pertimbangan guru untuk memilih metode yang tepat bagi siswa yang sesuai dengan tujuan pengajaran. (3) Bagi siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar. (4) Bagi penulis, supaya dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan dan masukan pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada saat benar-benar menjadi pendidik serta sebagai persyaratan untuk menempuh gelar S1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data-data yang dipergunakan selama proses penelitian berlangsung bersumber dari data observasi, hasil tes siswa, hasil wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan (condusion drawing) Hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Hal ini dapat ditunjukkan dari rata-rata nilai tes siswa, yaitu rata-rata nilai pre test 56,5 dan pada siklus I meningkat menjadi 71,83 dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 87,25. Pada siklus I aktivitas dan nilai siswa barada pada kategori "cukup" dan mengalami perbaikan pada siklus II dengan kategori "sangat baik". Dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) siswa menjadi lebih aktif, kreatif, lebih termotivasi dan lebih percaya diri dalam proses pembelajaran. berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Arrohmat Ringinsari Sumberingin Sanankulon Blitar. Saran-saran (1) Bagi instansi pendidik, agar dapat dijadikan sebagai masukan atas sumbangan pemikiran bagi instansi pendidikan dan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi guru, agar model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktek pembelajaran yang lebih aktif dan efektif. (3) Bagi siswa, diharapkan untuk lebih meningkatkan aktivitas selama proses pembelajaran baik dengan aktif bekerja sama dalam kelompok maupun keberanian mereka dalam mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan menjawab pertanyaan tentang materi ataupun instruksi yang belum dimengerti. (4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan ataupun memadukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan model pembelajaran yang lain sehingga lebih efektif dan variatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:02
Last Modified: 11 Feb 2015 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item