PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TK ISLAM PLUS MIFTAHUL ULUM BENDOSARI KRAS KEDIRI

NOVITA RATNA SARI, 17206153012 (2019) PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TK ISLAM PLUS MIFTAHUL ULUM BENDOSARI KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novita Ratna Sari, NIM 17206153012. Skripsi dengan judul “Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an di TK Islam Plus Miftahul Ulum Bendosari Kras Kediri”, dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk „Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata kunci : Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur‟an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur‟an. Saat ini, anak-anak lebih disibukkan dengan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur‟an. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK Islam Plus Miftahul Ulum?; 2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an melalui metode An-Nahdliyah di TK Islam Plus Miftahul Ulum?; 3) Bagaimana hasil dari penerapan metode An Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK Islam Plus Miftahul Ulum?; Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK Islam Plus Miftahul Ulum; 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an melalui metode An Nahdliyah di TK Islam Plus Miftahul Ulum; 3) Untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK Islam Plus Miftahul Ulum. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK Islam Plus Miftahul Ulum adalah berjalan dengan baik, dengan metode ketukan siswa lebih mudah memahami tentang bacaan Al-Qur‟an. Peran serta orangtua di rumah dan guru di sekolah dapat menjadikan siswa lebih termotivasi dan mengalami peningkatan dalam belajar Al-Qur‟an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153012 NOVITA RATNA SARI
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:11
Last Modified: 22 Jul 2019 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item View Item