MUHAMMAD CHOIRUL ANWAR, 17209153006 (2019) PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (828kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK skripsi dengan judul "Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung" ini ditulis oleh Muhammad Choirul Anwar, NIM. 17209153006, pembimbing Drs. H. Jani, MM.,M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Script, Hasil Belajar, Motivasi. Pendidikan mempunyai peranan pentig dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu permasalahan yang ada adalah belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hal yang mendukung dalam pencapaian hasil belajar IPS yang optimal adalah metode pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode Cooperative Script,. Pemanfaatan metode juga berpengaruh terhadap motivasi, motivasi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti mengambil rumusan masalah yaitu:1) Adakah pengaruh yang signifikan metode Cooperative Script terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS. 2) Adakah pengaruh yang signifikan metode Cooperative Script terhadap hasil motivasi belajar peserta didik mata pelajaran IPS. 3) Adakah pengaruh yang signifikan metode Cooperative Script terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh metode Cooperative Script terhadap hasil belajar dan peserta didik mata pelajaran IPS. 2) pengaruh metode Cooperative Script terhadap motivasi peserta didik mata pelajaran IPS. 3) pengaruh metode Cooperative Script terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Penelitian dilakukan di MTsN 8 Tulungagung, dimana populasi adalah kelas VIII. Sedangkan sampling yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling dikenal juga dengan sampling pertimbangan. Kelas yang digunakan untuk sampel yaitu kelas VIII A dan kelas VIII excellen . Dalam penelitian ini teknik pengumpulaan data menggunakan post test, Angket motivasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis stastisik dengan Uji prasyarat ( Uji Normalitas, Uji Homogenitas), uji T-test , dan Uji MANOVA. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar IPS peserta didik dengan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05; 2) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Cooperative Script terhadap motivasi belajar IPS peserta didik dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05; 3) ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar dan motivasi belajar IPS peserta didik dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153006 MUHAMMAD CHOIRUL ANWAR |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 07:14 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12276 |
Actions (login required)
View Item |