UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SEPTY LAILATUZZAHRO’, 17205153279 (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (513kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika di MI Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Septy Lailatuzzahro’, NIM. 17205153279, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Upaya Guru, Pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa matematika itu dianggap pelajaran yang sulit, menakutkan serta membosankan bagi para siswa sehingga diperlukan beberapa upaya dalam proses pembelajaran, dengan beberapa upaya yang dilakukan maka pembelajaran matematika tidak dianggap pembelajaran yang sulit, menakutkan maupun membosankan. Para guru dapat menjadikan pembelajaran matematika itu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada peningkatan pembelajaran matematika. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika dengan mengembangkan metode pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika dengan mengembangkan media pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran matematika dengan mengembangkan metode pembelajaran, media pembelajaran dan mengoptimalkan pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, pemaparan atau penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran guru matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 01 Betak Kalidawir yaituguru mengembangkan metode pembelajaran dengan tidak hanya menggunakan satu metode dalam satu pertemuan, diterapkan sesuai materi yang disampaikan, karakter siswa dan kondisi siswa. (2) Pengembangan media pembelajaran yang dilakukan guru matematika yaitu dengan menggunakan media yang beragam dan bervariasi, pemilihan media sesuai materi, situasi, kondisi, sarana-prasarana serta kemampuan guru dalam mengembangkannya. (3) Pengoptimalan pengelolaan kelas dilakukan dengan cara menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, penataan tempat duduk dan mengajak belajar didalam dan di luar kelas dengan menyesuaikan materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153279 SEPTY LAILATUZZAHRO’
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:38
Last Modified: 24 Jul 2019 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12277

Actions (login required)

View Item View Item