PENGARUH MINAT DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MIM SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG

NANI NUR AINI, 17205153281 (2019) PENGARUH MINAT DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MIM SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (474kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat dan Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MIM Suwaru Bandung Tulungagung”, ini ditulis oleh Nani Nur Aini, NIM 17205153281 dibimbing oleh Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata kunci : Minat Belajar, Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar dan gaya belajar siswa yang kurang tepat. Minat sendiri sangat mempengaruhi hasil belajar seseorang. Minat yang kuat akan menimbulkan usaha yang gigih dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi berbagai tantangan. Sedangkan gaya belajar visual merupakan salah satu cara yang digunakan siswa dalam belajar. Gaya belajar ini menekankan pada pengamatan dan tertarik dengan pembelajaran yang menyenangkan. Anak akan mudah belajar dengan menggunakan minat dan gaya belajar mereka sendiri. Contohnya saat pembelajaran IPS murid-murid kurang memperhatikan pelajaran, bermain sendiri dan berbicara dengan teman, bahkan ada yang berpindah-pindah tempat duduk. Siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi dan gaya belajar yang tepat akan memperoleh hasil belajar yang baik. Hal tersebut bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswanya. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk menjelaskan pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa MIM Suwaru Bandung Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa MIM Suwaru Bandung Tulungagung. (3)Untuk menjelaskan pengaruh minat dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa MIM Suwaru Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIM Suwaru Bandung Tulungagung. Sampling penelitian ini adalah sampling jenuh, sehingga sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV yaitu kelas IV-A dan IV-B. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data untuk uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat regresi (uji linieritas) menggunakan uji normalitas, dan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi,uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa di MIM Suwaru Bandung Tulungagung. Dengan nilai sig. 0,004<0,05 dan koefisien regresi 0,262. Pengaruhnya sebesar 15,9% sisanya 84,1% dipengaruhi variabel lain. Termasuk kategori sangat rendah. (2) Ada pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa di MIM Suwaru Bandung Tulungagung. Dengan nilai sig. 0,001<0,05 dan koefisien regresi 0,140. Pengaruhnya sebesar 19,2% sisanya 80,8% dipengaruhi variabel lain. Termasuk kategori sangat rendah. (3) Ada pengaruh minat dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa di MIM Suwaru Bandung Tulungagung. Dengan nilai sig. 0,001<0,05 dan koefisien regresi 0,270. Pengaruhnya sebesar 27% sisanya 73% dipengaruhi variabel lain. Termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153281 NANI NUR AINI
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:34
Last Modified: 24 Jul 2019 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item