PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

AGUNG YANUARDI, 17204153084 (2019) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (664kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Abstrak skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Agung Yanuardi, NIM 17204150834. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: problem based learning dan self confidence TIMSS (Trends in International Mahemaics and Science Study) adalah study international tentang prestasi matematika dan sains siswa, hasil studi TIMSS pada tahun 2015 menyatakan bahwa dalam skala internasional hanya 14% siswa yang memiliki self-confidence tinggi terkait kemampuan matematikanya. Sedangkan 45% siswa termasuk dalam kategori sedang, dan 41% sisanya termasuk dalam kategori rendah. Hal serupa juga terjadi pada siswa di Indonesia. Hanya 3% siswa yang memiliki self-confidence tinggi dalam matematika, sedangkan 52% termasuk dalam kategori siswa dengan self-confidence sedang dan 45% termasuk dalam kategori siswa dengan self-confidence rendah.. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada pengaruh problem based learning terhadap self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Sumbergempol. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh problem based learning terhadap self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Sumbergempol. Metode penelitian ini mengguakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi siswa adalah kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol yang terdiri dari 349 siswa. dengan teknik Purposive sampling diperoleh 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 64 siswa. variabel bebas adalah metode problem based learning sedangkan variabel terikatnya adalah self confidence siswa daam pembelajaran matematika. Sumber data yang digunakan adalah angket self confidence siswa dan nilai ulangan harian kelas VII E dan VII F teknik pengumpulan data adalah angket dokumentasi dan observasi. Analisis data mengunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji t, dan besar effect size (d) dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap self confidence siswa dalam pembelajaran matematka siswa di SMPN 1 Sumbergempol yang ditumjukan dari nilai t_hitung= 2,89 > t_tabel= 1,294. (2) bahwa Besarnya pengaruh metode problem based learning terhadap self confidence yaitu diperoleh dari nilai d (effect size) sebesar -0,58.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204154084 Agung Yanuardi
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:31
Last Modified: 26 Mar 2020 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item View Item