YENI PRATIWI, 17205153063 (2019) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Yeni Pratiwi, NIM. 17205153063, pembimbing Anissatul Mufarokah, S. Ag., M.Pd. Kata Kunci : Evaluasi, Kurikulum 2013 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di Indonesia, yaitu problematika pada penerapan Kurikulum 2013 khususnya pada jenjang madrasah ibtidaiyah. Penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran tidak sesingkat guru menyampaikan materi pembelajaran, melainkan guru harus memantau perkembangan peserta didik pada setiap ranah yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik. Metode untuk memantau perkembangan peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan evaluasi pembelajaran pada setiap Kompetensi. Maka dari itu, guru kelas MI Roudlotul Ulum Jabalsari melakasanakan evaluasi pembelajaran sesuai dengan acuan Kurikulum 2013, untuk melihat sejauh mana perkembangan peserta didik pada setiap ranahnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana monitoring dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari? (2) Bagaimana pengukuran dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari? (3) Bagaimana penskoran dalam pengolahan data evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari? Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis rancangan Studi Kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah people, place, dan paper. Analisis data menggunakan model Milles dan Hubberman berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan pengecekan teman sejawat. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Monitoring pada ranah KI-1 sikap spiritual siswa berkolaborasi antara guru kelas dan guru mata pelajaran agama. Monitoring dilakukan dengan cara observasi sikap spiritual peserta didik yang ditunjukkan dengan sikap keagamaan. Ranah KI-2 sikap sosial di monitoring oleh guru kelas. Sikap tersebut di tulis di jurnal penilaian diri dan penilaian antar teman. Monitoring ranah KI-3 dilakukan oleh guru kelas dengan cara memberikan tugas berupa tes tulis, tes lisan, dan tes sumatif. Sedangkan monitoring KI-4 dilakukan guru kelas berupa tugas praktik, hafalan, maupun penilaian kerja. (2) Pengukuran pada ranah KI-1 dan KI-2 berbentuk deskriptif dengan observasi harian meliputi kegiatan keagamaan dan kebiasaan siswa di sekolah maupun di luar sekolah. Pada KI-3 pengukuran dilakukan seputar teori yang menghasilkan ukuran dalam bentuk angka. Sedangkan pada KI-4 pengukuran melalui tugas praktik dan menghasilkan ukuran dalam bentuk angka. (3) Penskoran pada ranah KI-1 dan KI-2 menggunakan range skor 4-1. Pada ranah KI-3 penskoran menggunakan KKM 70, dan untuk KI-4 penskoran menggunakan skor 0-4 sesuai acuan penilaian pembelajaran kurikulum 2013.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153063 YENI PRATIWI |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 06:45 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12304 |
Actions (login required)
View Item |