PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RIKA SURYANI, 17205153038 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV Di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Rika Suryani, NIM 17205153038, Tahun 2019, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Ekperimen, Hasil, Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan peneliti, bahwa fakta di lapangan masih ada banyak guru yang mengajar masih menggunakan metode konvesional, yakni hanya menggunakan metode ceramah saja dan tidak memperhatikan lintasan belajar peserta didik. Hal ini tidak sesuai dengan metode pembelajaran eksperimen dimana dalam metode ini pesert didik tidak hanya memahami materi dengan teori saja, tetapi mereka juga dituntut untuk membuktikan teori yang ada dengan melakukan percobaan. Hal itu dapat menjadikan anak lebih aktif dan bersemangat dalam belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gaya dan gerak? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada materi gaya dan gerak? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas pada materi gaya dan gerak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pesera didik kelas IV MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yang berjumlah 108 orang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample, karena sampel diambil dengan pertimbangan tertentu yakni kelas IVB dan IVE. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket. Tes analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh antara metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar kognitif, dengan data yaitu 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 ˂ 0,05), dan nilai thitung sebesar 5,462. Dengan perhitungan nilai thitung ˃ ttabel adalah 5,462 ˃ 1,683 (dengan taraf 5%) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh antara metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar afektif, dengan data yaitu 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 ˂ 0,05), dan nilai thitung sebesar 10,366. Dengan perhitungan nilai thitung ˃ ttabel adalah 10,366 ˃ 1,683 (dengan taraf 5%) maka H0 ditolak dan Ha. (3) Ada pengaruh antara metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar kognitif, dengan data yaitu 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 ˂ 0,05), dan nilai thitung sebesar 4,424. Dengan perhitungan nilai thitung ˃ ttabel adalah 4,424 ˃ 1,683 (dengan taraf 5%) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Selain itu, peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar, dapat bertoleransi dengan teman, serta dapat saling membantu dalam memahami materi yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153038 Rika Suryani
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:49
Last Modified: 13 Apr 2020 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item