PENANAMAN NILAI ASWAJA PADA SISWA DI MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR

AS'AD LABIBI, 172011534525 (2019) PENANAMAN NILAI ASWAJA PADA SISWA DI MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai Aswaja Pada Siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar” Tahun ini ditulis oleh As’ad Labibi, NIM. 17201153525, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Penanaman, Nilai Aswaja, Siswa. Konteks penelitian ini adalah fakta perkembangan aliran yang mengancam keutuhan NKRI. Kyai Hasyim Asy’ari salah satu ulama’ nusantara yang berakidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah (ASWAJA) turut berjuang dalam kemerdekaan dan mewariskan ajarannya dalam organisasi yang disebut Nahdlatul Ulama’ (NU). Madrasah Ma’arif NU merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan organisasi NU serta memiliki peranan penting dalam melestarikan dan mengajarkan faham Aswaja. MA Ma’arif Udanawu Blitar menjadi tempat yang dipilih peneliti sebab lembaga tersebut walaupun menggunakan nama “Ma’arif” akan tetapi tidak berada dibawah naungan Nahdlatul Ulama’. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Nilai Aswaja apa yang diajarkan pada siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Bagaimana penerapan nilai-nilai Aswaja pada siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar? (3) apa implikasi dari penanaman nilai-nilai Aswaja pada siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar?. Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diambil yaitu primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan keterlibatan peneliti di setiap kejadian di lokasi penelitian, triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian sebagai berikut (1) nilai ASWAJA yang diajarkan di MA ma’arif Udanawu Blitar adalah ASWAJA nahdlatul ulama’ yaitu tawasuth, tasamuh, tawazun, serta amar ma’ruf nahy munkar (2) Untuk penerapan nilai aswaja tawasuth dengan menerapkan akhlak pesantren bagi siswa, tasamuh dengan mengadopsi pencaksilat PORSIGAL ke dalam ekstrakurikuler, tawazun dengan menerapkan kampus syar’i, PKM (piket madrasah bagi siswa-siswi), serta kelas excellent dan kelas keterampilan (skill), sedangkan amar ma’ruf nahy munkar dengan menggunakan buku pedoman tata krama/tata tertib siswa (3) implikasi dari penanaman aswaja yakni menambah khazanah keagamaan bagi guru. Dampak bagi siswa yaitu siswa siswi memiliki sopan santun, tercipta suasana kondusif baik internal maupun eksternal lembaga, siswa deribadah tanpa diperintah, lulusan madrasah banyak diterima di kampus ternama, siswa-siswi menjuarai berbagai macam lomba, situasi belajar yang kondusif, santri peka terhadap lingkungan serta siswa dan siwi memiliki kreatifitas yang cukup bagus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153525 AS'AD LABIBI
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:17
Last Modified: 26 Mar 2020 13:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item