BAYU SUSILO, 17207153012 (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (864kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Bayu Susilo, NIM: 17207153012. 2019 “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di MTsN 2 Tulungagung”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, di bimbing Dr. Agus Zaenul Fitri M.Pd Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kualitas SDM Keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas sangatlah penting bagi kemajuan suatu lembaga pendidikan, suatu lembaga pendidikan yang memiliki sarana dan prasarana yang mewadai serta dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik, tanpa didukung dengan kemampuan yang dimiliki oleh SDM, pastinya lembaga pendidikan tersebut tidak akan bisa maju dan berkembang. Kepala sekolah sebagai pemimpin disuatu lembaga pendidikan islam harus bisa melakukan pembinaan terhadap SDM yang tersedia seperti tenga pendidik dan tenaga kependidikan, agar memliki kemampuan kinerja yang berkualitas maka peran kepala sekolah merupakan sebuah unsur yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas SDM di suatu lembaga pendidikan. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga pendidikan yakni MTsN 2 Tulungagung sebagai objek penelitian, madrasah ini memiliki siswa dan siswi yang unggul dalam prestasi baik akademik maupun non akademik. Dengan adanya kualitas SDM yang ada dari tahun ketahun input dan output yang dihasilkan meningkat. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimanakah peran kepala sekolah sebagai manjer dalam meningkatkan kualitas SDM di MTsN 2 Tulungagung. 2) bagaimanakah peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas kinerja tenaga pendidik di MTsN 2 Tulungagung. 3) bagaimanakah peran kepala sekolah sebagai manjer dalam meningkatkan kualitas kinerja tenaga kependidikan di MTsN 2 Tulungagung. Jika dilihat dari sumbr datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi.data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: 1) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam perencanaan meningkatan kualitas SDM yaitu a) melakukan pelatihan, b)mengikutkan workshop c) melakukan pengamataan, pengembangan, mengevaluasi dan menempatkan sesuai dengan bidangnya. 2) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas kinerja tenaga pendidik yaitu a) melakukan komunikasi antar guru b) mengikutkan seminar dan workshop, c) musyawarah guru bidang studi d) motivasi 3) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas tenaga kependidikan yaitu: a) mengadakan teamwork pada setiap kegiatan b) mengadakan pelatihan, c)mengikutkan seminar, workshop, d) motivasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153012 BAYU SUSILO |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 03:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12371 |
Actions (login required)
View Item |