PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG

SEPTI HERMAWATI, 172071 53023 (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (439kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Septi Hermawati, NIM 17207153023, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini di latar belakangi karena partisipasi masyarakat sangat penting, pendidikan merupakan kegiatan yang berlangsung di tengah masyarakat itu sendiri, bahkan dilakukan oleh masyarakat dan dimanfaatkan pula oleh masyarakat. MTsN 3 Tulungagung sebagai salah satu wujud dari sistem pendidikan madrasah di Indonesia juga terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Partisipasi masyarakat Desa Aryojeding sangat besar pengaruhnya bagi pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung, serta mendorong masyarakat yang ada di desa tersebut untuk terlibat dalam pendidikan serta menyampaikan aspirasinya. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk meneliti partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana kendala partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk, implementasi dan kendala partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber datanya yaitu kepala sekolah, komite sekolah, guru dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa bentuk partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung, diantaranya (1) Diwujudkan dengan menyumbang sukareka, alumni juga menyumbang dana untuk pembangunan masjid, (2) Orang tua siswa mendampingi dan memberi semangat anaknya ekstra atletik latihan renang. (3) Orang tua siswa memberi usulan pengiriman santri, mengekspos prestasi siswa dan pemasangan lampu, (4) Membelikan bola, gawang, kipas angin, lampu serta porselen. Implementasi partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung, diantaranya (1) Berkunjung ke rumah orang tua siswa, (2) Mengundang pertemuan rutin, melakukan istighotsah penerimaan siswa baru, kelas IX akan menghadapi ujian, penerimaan raport, penjelasan program sekolah dan membahas infaq pembangunan masjid, (3) Sekolah menjalin komunikasi efektif melalui grub WA kelompok cinta lingkungan, menyampaikan program sekolah dan permasalahan anak. (4) Sekolah mengadakan open house hafalan AlQur’an dan surat-surat pendek, (5) Mengundang tokoh untuk menjadi pembicara dan membina program kerja sama, (6) Keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pengambilan keputusan. Kendala partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan MBS di MTsN 3 Tulungagung, diantaranya adalah (1) Kurangnya waktu orang tua siswa, (2) lokasi rumah juga jauh, komunikasi yang terjalin antara sekolah dan orang tua sangat terbatas, (3) Orang tua kurang memahami program sekolah, (4) Keseganan orang tua memberi kritik dan saran, (5) Kesibukan orang tua dan terlalu percaya pada sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 172071 53023 SEPTI HERMAWATI
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:00
Last Modified: 26 Jul 2019 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12372

Actions (login required)

View Item View Item