KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA DI MTsN 2 TRENGGALEK

SALMA INAYATI, 17201153455 (2019) KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar rujukan.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kreativitas Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Fiqih Pada Siswa Di MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Salma Inayati, NIM 17201153455, Tahun 2019, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Kata kunci: Kreativitas Guru, Pengembangan, Pembelajaran Fiqih Konteks penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, karena guru menjadi factor kunci untuk mengembangkan potensi peserta didik. Maka guru harus kreatif dalam meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran fiqih dengan cara guru mampu kreatif dalam menggunakan strategi, metode, dan media pembelajaran. Sehingga nilai siswa dapat mencapai hasil yang optimal. Kekreativitasan guru di MTsN 2 Trenggalek yaitu menyusun RPP guru saling bekerja sama dengan sesama guru fiqih dan mengkominasikan metode pembelajaran dan juga media pembelajaran. Selain itu guru fiqih juga menggunakan satu set media manasik haji. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran fiqih pada siswa di MTsN 2 Trenggalek? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran fiqih pada siswa di MTsN 2 Trenggalek? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran fiqih pada siswa di MTsN 2 Trenggalek? Penelitian dilakukan di MTsN 2 Trenggalek. Pendekatan penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian yan digunakan jenis penelitian deskritif. Data-data yang terkumpul di peroleh dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu: metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data atau memilih data atau menyederhanakan data kasar yang berasal dari lapangan. Kemudian data disajikan dengan berupa sekumpulan informasi yang tersusun dalam teks naratif. Selanjutnya penarikan kesimpulan, yang terakhir data ditransformasikan dan disusun secara tematik dalam bentuk teks naratif sesuai dengan fokus penelitian yan dituangkan dalam kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan sumber. Triangulasi dengan metode peneliti menggunakan metode ganda untuk mengetahui konsistensi atau ekspresi informan. Triangulasi sumber peneliti memandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitiannya adalah (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran fiqih pada siswa di MTsN 2 Trenggalek yaitu dengan strategi menyusun rencana pembelajaran/ RPP. Untuk memaksimalkan dalam membuat RPP guru fiqih saling bekerjasama dan melihat KI, KD, Indikatornya. Membangun kerjasama antar peserta didik dengan gurunya juga menciptakan iklim belajar supaya proses pembelajaran berjalan dengan kondusif. (2) Kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran fiqih pada siswa di MTsN 2 Trenggalek yaitu dengan mengkombinasikan metode pembelajaran ceramah dengan metode snowball, memilih metode pembelajaranharus didasarkan pada materi pembelajaran, analisis kondisi dan hasil pembelajaran. Untuk itu guru juga harus mempunyai kemampuan metodologik untuk memahami, menguasai, dan kemampuan melaksanakan sejumlah metode mengajar, sehingga proses pembelajaran dapat dikembangkan dengan baik, efektif dan efisien dan penuh makna, serta tujuan dapat dicapai. (3) Kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran fiqih pada siswa di MTsN 2 Trenggalek yaitu dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, media harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan karena dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi. Melibatkan peserta didik dalam pembuatan media pembelajaran, media kerikil untuk praktik manasik haji guna melempar jumrah, mensucikan air sungai waktu dibawa pulang digunkan untuk wudhu. Membuat media peta konsep dan slide, guru fiqih selalu membuat media tersebut dengan tampilan-tampilan yang menarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153455 SALMA INAYATI
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:41
Last Modified: 24 Jul 2019 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item