Khasanah, Cholifatul (2014) Pengaruh Budaya keagamaan Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
02. Sampul.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I(2).pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II(2).pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III(2).pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV(2).pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V(2).pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan(2).pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pengaruh, Budaya keagamaan dan kecerdasan emosional. Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini dikarenakan dunia pendidikan saat ini sering dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah pelajar dan lulusan pendidikan tersebut yang menunjukkan sikap yang kurang terpuji. Banyak pelajar yang terlibat tawuran, melakukan tindakan kriminal, pencurian, penodongan, penyimpangan seksual, menyalah-gunakan obat-obatan terlarang dan lain sebagainya. Selain itu dunia pendidikan juga kurang mampu menghasilkan lulusannya yang diharapkan adalah karena dunia pendidikan selama ini hanya membina kecerdasan intelektual, wawasan dan keterampilan semata, tanpa diimbangi dengan membina kecerdasan emosional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh budaya keagamaan sholat berjamaah terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding?. 2. Adakah pengaruh budaya keagamaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding?. 3. Adakah pengaruh budaya berjabat tangan dengan guru terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding?. 4. Adakah pengaruh budaya keagamaan terhadap kecerdasan emosional Siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh budaya keagamaan sholat berjamaah terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding. 2. Untuk mengetahui pengaruh budaya keagamaan membaca al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding. 3. Untuk mengetahui pengaruh budaya keagamaan berjabat tangan terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding. 4. Untuk mengetahui pengaruh budaya keagamaan terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala MTs Negeri Aryojeding sebagai sumbangan teoritis terhadap menejemen pendidikan, terutama dalam rencana peningkatan pengetahuan agama peserta didik di MTs Negeri Aryojeding. Untuk membentuk insan yang kamil. Bagi pengelola lembaga pendidikan, hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan teoritis oleh lembaga-lembaga yang menangani keberagamaan di MTs Negeri Aryojeding. Bagi Siswa,diharapkan akan berguna bagi siswa untuk memotivasi dirinya supaya terus meningkatkan prestasi belajar dan ibadahnya. Bagi para praktisi dan pemerhati pendidikan dapat dijadikan dasar dalam mensingkronkan progam, untuk menghindari kerancauan atau tumpang tindih dalam kegiatan pengembangan pendidikan lebih lanjut. Bagi lembaga terkait, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dan Departemen Agama (Depag) hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan xvi untuk menetapkan kebijakan guna meningkatkan kualitas pendidikan yang berakhlakul karimah. Bagi para orangtua, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pengetahuan dan pertimbangan akan pentingnya pendidikan agama, untuk menecetak generasi penerus yang berakhlakul karimah. Bagi para peneliti yang akan datang, hasil penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat untuk melakukan penelitian lebih lanjut khususnya dalam bidang pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini digunakan pola penelitian: Penelitian pendidikan, penelitian lapangan, penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Populasi: Siswa kelas VIII di MTs Negeri Aryojeding tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 323 siswa. Sampling: Stratified Proportional Random Sampling. Sampel: 82 siswa. Variabel bebas: Budaya keagamaan (dengan sub variabel: Budaya sholat berjamaah, budaya membaca al-Qur’an dan budaya berjabat tangan). Variabel terikat: Kecerdasan Emosional. Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan metode deduktif dan komparatif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan menggunakan rumus chi kuadrat, koefisien kontingensi dan phi.. Hasil penelitian: 1. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara budaya keagamaan sholat berjamaah terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding. 2. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara budaya keagamaan membaca al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding. 3. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara budaya keagamaan berjabat tangan terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding. 4. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara budaya keagamaan terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 07:35 |
Last Modified: | 30 Oct 2014 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/124 |
Actions (login required)
View Item |