MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

DINI TRI APRI LIANI, 17207153028 (2019) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (382kB)

Abstract

ABSTRAK Dini Tri Apriliani, NIM: 17207153028. 2019. “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTsN 1 Tulungagung”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Motivasi Belajar Pendidikan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan suatu bangsa dalam menciptakan masa depan yang gemilang. Pendidikan akan mendukung pembentukan kualitas manusia apabila didukung adanya manajemen sekolah/madrasah yang berkualitas. Melalui manajemen kesiswaan sekolah ataupun lembaga pendidikan diharapkan mampu mengatur segala kegiatan peserta didik yang pada dasarnya memiliki kondisi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Manajemen kesiswaan bukan hanya menerapkan pada pembelajaran saja, tetapi juga bakat dan minat siswa. Maka dari itu pihak sekolah harus memberikan dorongan motivasi kepada siswa dengan menyediakan layanan pendidikan yang menunjang belajar siswa. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yakni MTsN 1 Tulungagung sebagai objek penelitian. Di Lembaga ini merupakan madrasah yang unggul dan favorit dengan banyaknya peminat siswa yang daftar di madrasah tersebut, selain itu juga dalam pembinaan kesiswaannya memiliki program prioritas ataupun unggulan sehingga peserta didik dapat mencapai prestasi yang baik. Hal inilah yang membuat peneliti merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Tulungagung, (2) bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Tulungagung, (3) bagaimana evaluasi dari pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Tulungagung. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) perencanaan kegiatan keisiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dimulai dari penyusunan RKM, penyusunan program kerja, perekrutan siswa baru, kegiatan pembinaan peserta didik, pengarahan dan pengendalian kegiatan kurikuler maupun ekstra kulikuler. (2) pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi: (a) pelaksanaan kegiatan kesiswaan mengacu pada RKM, (b) workshop penyusunan silabus, perangkat pembelajaran, model pembelajaran sekaligus mereview RPP. (c) diadakan penyaluran bakat dan minat siswa bakat dan minat siswa. (d) melibatkan peserta didik memperoleh pengalaman belajar melalui berbagai program kegiatan. (e) kelas tambahan yang dinamakan kelas Upperdalam Ujian Nasional. (f) literasi menulis menghasilkan sebuah karya tulis yang berupa buku Pena Inspirasi MTsN 1 Tulungagung. (3) evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi: (a) guru membuat catatan penilaian siswa (b) guru memberikan masukan terhadap hasil nilai perolehan peserta didik, baik secara klasikal atau individual setiap selesai melakukan penilaian hasil belajar siswa. (c) setiap wali kelas memberi penjelasan tentang nilai capaian peserta didik secara umum kepada wali murid sebelum pembagian rapor. (d) setiap akhir semester Kepala Madrasah menyampaikan laporan hasil ulangan kenaikan kelas, UTS, dan UAS kepada orang tua peserta didik dan rekapitulasinya kepada Kantor Kementrian Agama di Kabupaten. (e) dalam evaluasi kegiatan di MTsN 1 Tulungagung dengan mengadakan koordinasi agar kegiatan dapat berjalan dengan evektif. (f) diperlukannya dokumen di setiap pelaksanaan program kegiatan siswa sehingga dengan adannya dokumen hasil kegiatan maka barulah diadakannya kegiatan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153028 Dini Tri Apri Liani
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:41
Last Modified: 30 Mar 2020 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12402

Actions (login required)

View Item View Item