KREATIVITAS GURU AL-QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA KELAS X DI MAN 1 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD IRFAN FIRDAUS, 17201153157 (2019) KREATIVITAS GURU AL-QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA KELAS X DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa kelas X di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh M. Irfan Firdaus, pembimbing Anisatul Mufarokah, S.Ag M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas guru, Meningkatkan kemampuan menghafal Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ide-ide baru dalam pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang Al-Qur’an Hadits. Oleh karena itu guru yang kreatif harus mempunyai rasa tertarik untuk mencari tentang metode, media dan sumber belajar yang tepat dan menarik agar dapat digunakan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan pembelajaran khususnya dalam menghafal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam menggunakan metode untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa di MAN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru Al- Qur’an Hadits dalam mengembangkan media untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa di MAN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam memanfaatkan sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa di MAN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah derajat kepercayaan (credibility). Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam menggunakan metode untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa di MAN 1 Tulungagung dengan menggunakan satu metode yaitu metode lagu atau Dzikroni. Diantara lagu-lagu yang digunakan adalah “Cintai Aku Karena Allah”, “Pengantin Baru” dan lain-lain. (2) Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam mengembangkan media untuk meningkatkan kemampuan menghafal di MAN 1 Tulungagung adalah dengan menggunakan media; (a) LCD Proyektor untuk menampilkan power point berupa potongan-potongan ayat yang berkaitan dengan materi yang di sampaikan, (3) Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam menggunakan sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa di MAN 1 Tulungagung adalah dengan memadu padankan satu buku dengan buku yang lainnya dan tidak hanya menggunakan satu sumber belajar saja tetapi beberapa sumber belajar yaitu dari internet, buku paket dan buku penunjang lain dari perpustakaan. Saat belajar suatu tajwid ataupun saat mempelajari kandungan suatu ayat Al-Qur’an dan Hadits, tidak hanya menggunakan buku LKS ataupun buku paket saja tapi juga menggunkan buku-buku lainnya yang berkaitan dengan apa yang dipelajarai saat itu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153151 RISMA DWI PERMADI
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:54
Last Modified: 09 Apr 2020 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item