Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MI Bendiljati Wetan pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Tahun Pelajaran 2010/2011

Makherus, Sholeh (2011) Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MI Bendiljati Wetan pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Tahun Pelajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (34kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing .doc

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (17kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Metode jigsaw, Hasil belajar Peserta Didik Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan pentingnya pendidikan formal yang keberlangsungannya mencakup banyak hal, diantaranya adalah proses pengajaran agar siswa mampu menerima materi ajar secara sempurna, maka dibutuhkan metode yang tepat dan akurat sehingga menghasilkan hasil berlajar yang baik. Metode yang digunakan adalah metode diskusi teknik jigsaw untuk melaksanakan proses belajar mengajar Matematika di Kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Rumusan masalah: 1). Bagaimana langkah-langkah metode jigsaw dalam pengajaran operasi hitung bilangan bulat di MI Bendiljati Wetan? 2). Bagaimana hasil belajar siswa melalui metode jigsaw dalam pengajaran operasi hitung bilangan bulat di MI Bendiljati Wetan? Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Bendiljati Wetan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penelitian ini disusun dua siklus dan setiap siklus terdapat 2 tahap yaitu (1) penjelasan materi operasi hitung bilangan bulat oleh guru dan melakukan kegiatan diskusi model jigsaw serta dilanjutkan pengerjaan LKS secara berkelompok (2) pembahasan LKS dan pemantapan materi. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw dapat memberi manfaat baik dari sisi siswa yang berperan dalam kelompok karena siswa belajar memecahkan masalah dengan musyawarah bukan sebagai individual serta menambahkan wawasan baru bagi siswa. Pembelajaran konvensional yang membosankan dan cenderung berpusat pada guru dengan diskusi jigsaw yang berpusat pada siswa pembelajaran terasa hidup dan berkualitas Hasil penelitian: 1) Pembelajaran melalui metode diskusi teknik jigsaw pada pelajaran Matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat merupakan pengajaran berbasis latihan yang menggunakan soal-soal latihan sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah secara bersama-sama dan berbentuk penguatan, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Teknik jigsaw ini lebih menekankan keaktifan siswa di kelas dalam proses pembelajaran, sehingga keberhasilan jigsaw tidak hanya pada hasil belajar dari nilai ulangan, tetapi juga mempertimbangkan proses pembelajaran, 2) Metode diskusi teknik jigsaw sangat efektif untuk meningkatkan keberhasilan berlajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan tingkat keberhasilan belajar siswa yang cukup memuaskan yang dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar siswa dan proses pembelajaran. Proses belajar sangat menentukan hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test adalah 56,8, pada tes akhir siklus pertama adalah 77,8, sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 81,2. Nilai hasil belajar ini tingkat keberhasilanya berada pada criteria sangat baik. Sedangkan ketuntasan siswa pada pre-test adalah 35% , pada siklus 1 siswa tuntas adalah 67,8 dan siklus 2 adalah 78,5%

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:52
Last Modified: 11 Feb 2015 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item