PENGARUH TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DWI VERA PALUPI SARI, 17206153021 (2019) PENGARUH TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Teka-Teki Silang Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Vera Palupi Sari, NIM. 17206153021, pembimbing Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag. Kata kunsi: teka-teki silang bergambar, penguasaan bahasa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan bahasa anak yang kurang baik. Kemampuan bahasa anak meliputi penguasaan kosa kata anak yang masih kurang, kurangnya minat baca, serta kemampuan menulis anak yang kurang baik. Salah satu cara untuk mewujudkan kemampuan tersebut dengan menggunakan media teka-teki silang bergambar. Dengan media ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh teka teki silang bergambar terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di Ra Raden fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh teka-teki silang bergambar terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di rA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Adakah pengaruh teka-teki silang bergambar terhadap kemampuan menulis anak di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh teka-teki silang bergambar terhadap kemampuuan berbicara, kemampuan membaca, dan kemampuan menulis anak kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo Tulungagung. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Withney karena data penelitian merupakan data ordinal. Dari hasil analisis uji Mann Withney diperoleh dari hasil post test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk kemampuan berbicara nilai Sig. (0,00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas kontrol = 7,75 dan kelas eksperimen = 21,77), hasil post tes kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk kemampuan membaca diperoleh nilai Sig. (0,00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas kontrol = 7,64 dan kelas eksperimen = 21,87), hasil post tes kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk kemampuan menulis diperoleh nilai Sig. (0,00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas kontrol = 7,75 dan kelas eksperimen = 21,77). Maka dari ketiga hasil rumusan masalah diatas dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, jadi terdapat pengaruh media teka-teki silang bergambar terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153021 DWI VERA PALUPI SARI
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:47
Last Modified: 25 Jul 2019 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item