SOLIKAH, 17201153204 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARARAN SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (923kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (510kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Solikah, NIM 17201153204, pembimbing Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci : strategi guru, kualitas pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pembelajaran yang berbeda antar satu guru dengan guru yang lainnya. Dalam prosesnya, perlu adanya gambaran secara mendalam tentang strategi pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Upaya guru dalam menggunakan strategi pembelajaran dipandang sebagai keunikan guru dalam menciptakan belajar mengajar yang berkualitas. Untuk itu peneliti akan membahas dan menggambarkan lebih dalam tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Tulungagung. Adapun fokus penelitian ini: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung?, (2) Apa faktor hambatan guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung?, (3) Apa faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung?, Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, trianggulasi diantaranya trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu.. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian(1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung, yaitu dengan memvariasikan beberapa strategi pembelajaran ketika mengajar. Strategi pembelajaran tersebut yaitu strategi kontekstual, strategi inkuiri, strategi ekspositori dan strategi demonstrasi. Sebagai upaya meningkatkan kualitas pembalajaran guru menggunakan beberapa cara yaitu belajar dengan santai dan menyenangkan.(2) Apa faktor hambatan guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung, faktor penghambatnya yaitu a. Ada peserta didik yang sebagian berkemampuan rendah dari sebagian yang lain, b. Terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah untuk mengawasi peserta didik, karena apabila dirumah sudah menjadi tanggung jawab orang tua, c. Kurangnya kesadaran para peserta didik akan pentingnya belajar.(3) Apa faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa mata pelajaran fiqih di MAN 1 Tulungagung yaitu, Tersedianya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran, Profesionalitas guru sangat tinggi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa, Suasana kelas yang kondusif (jauh dari keramaian).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153204 SOLIKAH |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 08:19 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 08:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12439 |
Actions (login required)
View Item |