ANANDA ZUHRI NADA, 17204153098 (2019) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR ABSTRAK SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI KONJEKTUR PADA MASALAH GENERALISASI POLA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (50kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (17kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Tingkat Berpikir Abstrak Siswa Dalam Mengknstruksi Konjektur Pada Masalah Generalisasi Pola Materi Barisan dan Deret Kelas XI di MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Ananda Zuhri Nada, NIM. 17204153098, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Abstrak, Mengkonstruksi Konjektur, Barisan Dan Deret Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika serta kemampuan siswa yang masih cenderung rendah dalam memahami suatu konsep matematika. Siswa masih belum bisa menyusun pola yang digunakan dalam penyelesaiannya serta kebingungan dalam memberikan kesimpulan terhadap suatu pernyataan. Padahal dalam matematika membutuhkan kemampuan berpikir yang tinggi terutama dalam menyelesaikan suatu masalah matematika yang sifatnya abstrak, dengan begitu siswa akan mudah menerapkannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak siswa dalam mengkonstruksi konjektur pada masalah generalisasi pola di MAN 2 Blitar, berdasarkan tingkat kemampuan siswa yaitu, siswa dengan kemampuan matematika tinggi, siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Blitar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir abstrak siswa yang dimiliki dengan menggunakan 1 butir soal uraian pada materi barisan dan deret. Wawancara dilakukan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan berpikir abstrak siswa dalam mengkonstruksi konjektur pada masalah pola bilangan matematika dengan mengambil 6 siswa dari 38 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang berkemampuan tinggi sudah mampu melakukan tahapan pengenalan, representasi, abstraksi struktural dan kesadaran struktural. (2) Siswa yang berkemampuan sedang sudah mampu melakukan tahapan pengenalan dan representasi (3) Siswa yang berkemampuan rendah mampu melakukan tahapan pengenalan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153098 ANANDA ZUHRI NADA |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 03:35 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 12:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12457 |
Actions (login required)
View Item |