ANALISIS TINGKAT BERPIKIR ABSTRAK SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI KONJEKTUR PADA MASALAH GENERALISASI POLA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI DI MAN 2 BLITAR

ANANDA ZUHRI NADA, 17204153098 (2019) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR ABSTRAK SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI KONJEKTUR PADA MASALAH GENERALISASI POLA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Tingkat Berpikir Abstrak Siswa Dalam Mengknstruksi Konjektur Pada Masalah Generalisasi Pola Materi Barisan dan Deret Kelas XI di MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Ananda Zuhri Nada, NIM. 17204153098, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Abstrak, Mengkonstruksi Konjektur, Barisan Dan Deret Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika serta kemampuan siswa yang masih cenderung rendah dalam memahami suatu konsep matematika. Siswa masih belum bisa menyusun pola yang digunakan dalam penyelesaiannya serta kebingungan dalam memberikan kesimpulan terhadap suatu pernyataan. Padahal dalam matematika membutuhkan kemampuan berpikir yang tinggi terutama dalam menyelesaikan suatu masalah matematika yang sifatnya abstrak, dengan begitu siswa akan mudah menerapkannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak siswa dalam mengkonstruksi konjektur pada masalah generalisasi pola di MAN 2 Blitar, berdasarkan tingkat kemampuan siswa yaitu, siswa dengan kemampuan matematika tinggi, siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Blitar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir abstrak siswa yang dimiliki dengan menggunakan 1 butir soal uraian pada materi barisan dan deret. Wawancara dilakukan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan berpikir abstrak siswa dalam mengkonstruksi konjektur pada masalah pola bilangan matematika dengan mengambil 6 siswa dari 38 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang berkemampuan tinggi sudah mampu melakukan tahapan pengenalan, representasi, abstraksi struktural dan kesadaran struktural. (2) Siswa yang berkemampuan sedang sudah mampu melakukan tahapan pengenalan dan representasi (3) Siswa yang berkemampuan rendah mampu melakukan tahapan pengenalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153098 ANANDA ZUHRI NADA
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:35
Last Modified: 26 Mar 2020 12:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item