PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL – HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR

Ahmad Khusnul Mutaqi, 17201153185 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL – HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar” ini ditulis Ahmad Khusnul Muttaqi, NIM.17201153185, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, Yang dibimbing oleh Dr. H. Kojin, M.A. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor yang mengakibatkan dampak terhadap hasil belajar siswa khusunya mata pelajaran aqidah akhlak sehingga perlu dikaji untuk mencari solusinya. Mulai dari kebanyakan guru masih memahami pendekatan dan strategi pembelajaran kurikulum sebelumnya sehingga kurang minatnya siswa terhadap pelajaran aqidah akhlak yang dianggap membosankan bahkan meremehkan dianggap sangat mudah. Untuk itu perlu dikaji pendekatan dan strategi yang digunakan guru selama ini menjadi lebih menyenangkan dan diperhatikan oleh siswa sehingga pembelajaran lebih kreatif, aktif, produktif, inovatif dan mandiri dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini antara lain :1) Bagaimana perencanaan pembelajaran aqidah akhlak yang menggunakan pendekatan saintifik di Kelas XI MA AL-Hikmah Langkapan Srengat Blitar;2) Bagaimana penerapan pembelajaran aqidah akhlak yang menggunakan pendekatan saintifik di Kelas XI MA AL-Hikmah Langkapan Srengat Blitar; 3) Bagaimana Evaluasi penerapan pembelajaran aqidah akhlak yang menggunakan pendekatan saintifik di Kelas XI MA AL-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran aqidah akhlak yang menggunakan pendekatan saintifik di kelas XI MA AL – Hikmah langkapan Srengat Blitar, mengetahui penerapan penekatan saintifik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas XI MA AL – Hikmah Langkapan Srengat Blitar, mendiskripsikan dampak penerapan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI MA AL – Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, lokasi penelitiannya di MA AL-Hikmah Langkapan Srengat Blitar, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data mengunakan teknik Miles dan Huberman, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, menemukan siklus kesamaan data, ketekunan pengamat, triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru mata pelajaran aqidah akhlak di MA AL Hikmah Langkapan Srengat Blitar, sebelum melaksanakan proses pembelajaran yaitu dengan penyusunan silabus, RPP, penyiapan metode dan media, evaluasi atau penilaian. (2) Dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaranguru mata pelajaran aqidah akhlak, meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dimana di dalamnya terdapat bebrapa metode pembelajaran yang digunakan guru mengajar. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode diskusi dan tanya jawab. (3) Evaluasi dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru mata pelajaran aqidah akhlak di MA AL-Hikmah Langkapan Srengat Blitar dapat meninngkatkan kemampuan berfikir peserta didik, meningkatkan motivasi semangat peserta didik dan guru, meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 17201153185 Ahmad Khusnul Mutaqi
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:21
Last Modified: 01 Aug 2019 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12471

Actions (login required)

View Item View Item