WIDAYATUL FITRIANI, 17205153045 (2019) KREATIVITAS PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR 1S1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Widayatul Fitriani, NIM 17205153045, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Kreativitas, Media Audio Visual, Mata Pelajaran IPA Proses belajar mengajar di sekolah terdiri dari tiga aspek, yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Termasuk dalam pelajaran IPA yang di sisi lain obyek kajiannya berupa benda yang bersifat konkret dan abstrak. Dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki kemampuan dasar dalam melakukan tugasnya. Salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan pribadi guru itu sendiri yakni guru harus kreatif. Termasuk kreatif dalam memanfaatkan media audio visual yang dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran IPA. Karena dengan adanya media audio visual para siswa akan sangat terbantu dalam memahami pelajaran IPA secara lebih terperinci mengingat obyek kajiannya berupa benda yang dapat diamati secara langsung dan melalui perantara. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas ekspresi pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran IPA MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana kreativitas produktif pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran IPA MI Darussalam Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana kreativitas inovatif pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran IPA MI Darussalam Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas ekspresi, kreativitas produktif, kreativitas inovatif pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran IPA MI Darussalam Wonodadi Blitar Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan bersifat studi kasus, terhadapa penelitianyang diteliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Perpanjangan pengamatan, Ketekunan pengamat, Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas ekspresi guru dalam memanfaatkan media audio visual pada mata pelajaran IPA dengan cara disesuaikan dengan materi, dikreasi dengan kesenangan siswa, menyisipkan cerita maupun tanya jawab (2) Kreativitas produktif guru dalam memanfaatkan media audio visual pada mata pelajaran IPA dengan cara menelaah video yang disampaikan serta mengajak siswa praktek langsung. (3) Kreativitas inovatif guru dalam memanfaatkan media audio visual pada mata pelajaran IPA dengan prinsip fleksibel disesuaikan dengan hal yang diminati anak pada masa tertentu, serta pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153045 WIDAYATUL FITRIANI |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 08:34 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 08:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12488 |
Actions (login required)
View Item |