Analisis Tingkat Penalaran dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Siswa Kelas X F SMAN I Kampak Tahun Pelajaran 2011/2012

Sri, Purnaningsih (2012) Analisis Tingkat Penalaran dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Siswa Kelas X F SMAN I Kampak Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan dari sebagian besar siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga prestasi siswa untuk pelajaran matematika sebagian besar mengalami kegagalan. Oleh karena itu untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa terhadap matematika, peneliti mengadakan test kemampuan penalaran matematika siswa dengan menggunakan aspek kognitif dari Taksonomi Bloom untuk tahap analisis, sintesis, dan evaluasi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada tahap analisis? (2) Bagaimanakah tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada tahap sintesis? (3) Bagaimanakah tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada tahap evaluasi? (4) Bagaimanakah tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika secara keseluruhan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada tahap analisis, (2) Untuk mengetahui tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada tahap sintesis, (3) Untuk mengetahui tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada tahap evaluasi, (4) Untuk mengetahui tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika secara keseluruhan. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Memberi pengalaman dan alternatif lain bagi guru matematika yang terlibat dalam penelitian ini baik dari segi teoritis maupun dari pelaksanaan pembelajarannya. Bagi SMAN I Kampak, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi dalam melakukan penelitian yang lebih lanjut. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, test, interview, dan dokumentasi. Untuk mengetahui tingkat penalaran siswa pada dimensi tiga diadakan test formal untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada tahap analisis, sintesis, dan evaluasi. Analisis data dilakukan dengan cara (1) menyajikan data, (2) membandingkan data hasil test dengan wawancara yang dilakukan terhadap siswa, dan (3) menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah, (1) Pada tahap analisis tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada pokok bahasan dimensi tiga menunjukkan prosentase 75,36% yaitu dengan kriteria baik, (2) Pada tahap sintesis tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada pokok bahasan dimensi tiga menunjukkan prosentase 84,81% yaitu dengan kriteria sangat baik, (3) Pada tahap evaluasi tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada pokok bahasan dimensi tiga menunjukkan prosentase 46,53% yaitu dengan kriteria tidak baik, (4) Tingkat penalaran siswa kelas X F SMAN I Kampak dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada pokok bahasan dimensi tiga secara keseluruhan menunjukkan prosentase 68,92% yaitu dengan kriteria cukup baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:15
Last Modified: 11 Feb 2015 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item