PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PEMBERIAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 REJOTANGAN

DIMAS AZIZ ROISI, 17204153269 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PEMBERIAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dengan Pemberian Ice Breaking Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Dimas Aziz Roisi, NIM. 17204153269, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Inquiry,Ice Breaking, Motivasi, Hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Inquiry dengan pemberian Ice Breaking terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang kurang optimal dalam pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa siswa tidak mau menyelesaikan tugas yang diberikan guru, mengantuk ketika di dalam kelas, dan berbicara sendiri dengan teman sebangku ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dengan Pemberian Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 1 Rejotangan, (2) mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dengan Pemberian Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Rejotangan, (3) mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dengan Pemberian Ice Breaking terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah eksperimen dengan model desain semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Rejotangan tahun ajaran 2018/2019. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas VII-F sebagai kelas kontrol dan kelas VII-G sebagai kelas eksperimen. Teknik dan pengumpulan data: 1) Angket, 2) Tes, 3) Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test dan MANOVA dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil Penelitian membuktikan bahwa; (1) hasil signifikansi 0,006 lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05 sehingga Ada pengaruh model pembelajaran inquiry dengan pemberian ice breaking terhadap motivasi belajar siswa di smpn 1 rejotangan. (2) hasil signifikansi 0,005 lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05 sehingga ada pengaruh model pembelajaran inquiry dengan pemberian ice breaking terhadap hasil belajar siswa di smpn 1 rejotangan, (3) hasil signifikansi 0,002 lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05 sehingga Ada pengaruh model pembelajaran inquiry dengan pemberian ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di smpn 1 rejotangan. dengan signifikansi yaitu 0,002.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153269 Dimas Aziz Roisi
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:13
Last Modified: 29 Mar 2020 13:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item View Item