PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2018/2019

ADESTIMISTIKA ALISTIANI, 17201153172 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK'.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar PAI Siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh AdestiMistika Alistiani, NIM. 17201153172, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Drs. H Jani, MM, M.Pd., NIP. 19660210 198503 1 001. Kata kunci: Mind Map, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran disekolah dimana siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal itu disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional yaitu ceramah, dimana saat guru menyampaikan materi beberapa siswa berbicara sendiri. Hal ini mengakibatkan materi yang di sampaikan oleh guru tidak tersampaikan secara keseluruhan, serta siswa kurang aktif dalam belajar, seperti halnya berani mengemukakan pendapat atau pertanyaan mereka. Berdasarkan masalah yang terjadi dilapangan peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran Mind Map, dengan harapan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Tujuan penelitian : 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan dan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sumbergempol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 560 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling jenuh karena anggota populasi digunakan sebagai sampel, maka, sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan VII G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dan angket. Observasi digunakan untuk melihat kondisi awal siswa. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilannya. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui keaktifan. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Sample t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan belajar siswa, dan juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa PAI siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol menggunakan uji Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil belajar ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan belajar PAI siswa dilihat dari perhitungan data menunjukkan bahwa nilai sebesar 3,310 yang lebih besar dari pada dengan db = 66 pada taraf signifikasi 5% (0,05) yaitu sebesar 1,996. Dan pada (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis pada penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol, 2) ada pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar PAI siswa dilihat dari perhitungan data menunjukkan bahwa nilai nilai sebesar 6,417 yang lebih besar dari pada dengan db = 66 pada taraf signifikasi 5% (0,05) yaitu sebesar 1,996. Dan pada (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis pada penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol, 3) ada pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan dan hasil belajar PAI siswa dilihat dari perhitungan data menunjukkan bahwa nilai nilai sebesar 22,365 yang lebih besar dari pada yaitu sebesar 3,14 dan pada sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis penelitian dinyatakan bahwa ada pengaruh yang yang signifikan model pembelajaran Mind Map terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153172 ADESTIMISTIKA ALISTIANI
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:29
Last Modified: 01 Aug 2019 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item