PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 1 DI MI ROUDHOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ARICHAWILLIA SAFITRI, 17205153297 (2019) PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 1 DI MI ROUDHOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Tematik Integratif Kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari”, ini ditulis oleh Arichawillia Safitri, Nim 17205153297, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Sokip, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Integratif, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pembelajaran integratif yaitu guru sulit menyesuaikan tema dengan beberepa mata pelajaran yang harus di integratifkan dalam satu pembelajaran, karena mereka sudah terbiasa dengan pembelajaran permata pelajaran. Hal ini menarik untuk diteliti karena dapat memberikan gambaran yang utuh mengenai strategi-strategi yang digunakan oleh guru di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran tematik integratif kelas I di MI Roudlotul Ulum JabalSari Sumbergempol Tulungagung, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran tematik integratif kelas I di MI Roudlotul Ulum JabalSari Sumbergempol Tulungagung, (3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran tematik integratif kelas I di MI Roudlotul Ulum JabalSari Sumbergempol Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik integratif guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pada pembelajaran tematik di kelas I MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dengan subyek penelitian guru kelas I. Sumber data diperoleh dari tiga unsur, yaitu person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan; uji transferability; uji dependability; dan uji confirmability. Hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Pada tahap perencanaan guru sudah membuat perangkat pembelajaran perangkat pembelajaran dengan petunjuk yang sesuai, meliputi: pemetaan kompetensi, jaring-jaring tema, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). (2) Pada tahap pelaksanaan urutan kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup nampak guru kuasai dengan baik, strategi pembelajaran integratif guru pada kegiatan inti telah menunjukkan keterpaduan ditiap pembelajarannya.(3) Proses penilaian dengan cara tes maupun nontes yang mengacu aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik yang terangkum dalam kompetensi inti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153297 ARICHAWILLIA SAFITRI
Date Deposited: 29 Jul 2019 08:19
Last Modified: 29 Jul 2019 08:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item