PENGARUH KOMPETENSI GURU PAI, KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN SE-KECAMATAN PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG

FATHMIA NUR ’AINI, 12506174025 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU PAI, KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN SE-KECAMATAN PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru PAI, Kinerja Guru, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Di SMPN Se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Fathmia Nur ‘Aini, dengan bimbingan oleh Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Kinerja Guru, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Peneliti ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan penurunan kualitas dalam dunia pendidikan pada saat ini. Banyak guru yang kurang menguasai kompetensi kepribadian,kompetensi pedagigik, kompetensi professional, kompetensi sosial yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Kualitas pendidikan yang masih rendah sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Untuk menghadapi tantangan itu guru harus terus menerus belajar untuk mencapai tujuan dan kinerja guru juga harus ditingkatkan agar guru-guru lebih semangat dalam mendidik peserta didik dan memberikan motivasi belajar agar peserta didik lebih bersemangat belajar, agar hasil yang diperoleh peserta didik dalam proses pembelajaran akan memuaskan. Rumusan masalah dan penulisan tesis ini adalah: (1) Adakah pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kompetensi pedagogik di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(2)Adakah pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kompetensi profesional di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(3)Adakah pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan sosial SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(4)Adakah pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(5)Adakah pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(6)Adakah pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan hasil belajar di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(7)Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan kompetensi profesional di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(8)Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan kompetensi sosial di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(9)Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(10)Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(11)Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan hasil belajar di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(12)Adakah pengaruh antara kompetensi profesional guru PAI dengan kompetensi sosial di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(13)Adakah pengaruh antara kompetensi profesional guru PAI dengan kinerja di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(14)Adakah pengaruh antara kompetensi profesional guru PAI dengan motivasi belajar di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(15)Adakah pengaruh antara kompetensi profesional dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(16)Adakah pengaruh antara kompetensi sosial guru PAI dengan kinerja di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(17)Adakah pengaruh antara kompetensi sosial guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(18)Adakah pengaruh antara kompetensi sosial dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(19)Adakah pengaruh antara kinerja guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(20)Adakah pengaruh antara kinerja guru dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(21)Adakah pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(22)Adakah pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi kepribadian dengan pedagogik melalui professional di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(23)Adakah pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik dengan profesional melalui sosial di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(24)Adakah pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik dengan sosial melalui kepribadian di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(25)Adakah pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi professional dengan sosial melalui kepribadian di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(26)Adakah pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, sosial dengan kinerja guru melalui hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?(27)Adakah pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi kepribadian, pedagogic, professional, sosial, kinerja guru dengan motivasi belajar melalui hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? Tujuan Penelitian: (1) Mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kompetensi pedagogik di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(2) Mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kompetensi profesional di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(3) Mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan sosial SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(4) Mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(5) Mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(6) Mengetahui pengaruh antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan hasil belajar di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(7) Mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan kompetensi profesional di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(8)Mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan kompetensi sosial di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(9) Mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(10)Mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(11) Mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan hasil belajar di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(12) Mengetahui pengaruh antara kompetensi profesional guru PAI dengan kompetensi sosial di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(13) Mengetahui pengaruh antara kompetensi profesional guru PAI dengan kinerja di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(14)Mengetahui pengaruh antara kompetensi profesional guru PAI dengan motivasi belajar di SMPN se-Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(15)Mengetahui pengaruh antara kompetensi profesional dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(16) Mengetahui pengaruh antara kompetensi sosial guru PAI dengan kinerja di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(17) Mengetahui pengaruh antara kompetensi sosial guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(18)Mengetahui pengaruh antara kompetensi sosial dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(19)Mengetahui pengaruh antara kinerja guru PAI dengan motivasi belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(20)Mengetahui pengaruh antara kinerja guru dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(21)Mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(22)Mengetahui ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi kepribadian dengan pedagogik melalui professional di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(23)Mengetahui ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik dengan profesional melalui sosial di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(24)Mengetahui ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik dengan sosial melalui kepribadian di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(25)Mengetahui ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi professional dengan sosial melalui kepribadian di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(26)Mengetahui ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, sosial dengan kinerja guru melalui hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.(27)Mengetahui ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, sosial dengan motivasi belajar melalui hasil belajar di se-Kecamatan SMPN Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi SMPN Se-Kecamatan Pagerwojo yang berjumlah 846 peserta didik. Dengan teknik sampling diperoleh sampel 247. Variabel bebas kompetensi kepribadian,pedagogik, professional,sosial. Variabel terikat kinerja guru, motivasi dan hasil belajar. Sumber data: responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data angket. Teknik analisis data: uji variabel reabilitas, normative, linier, dan analisis jalur dengan bantuan SPSS for 21.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh sangat signifikan antara kepribadian terhadap pedagogik. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 kurang dari 0.05. (2) ada pengaruh signifikan antara kepribadian terhadap profesional. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 kurang dari 0.05. (3) Ada pengaruh sangat signifikan antara kepribadian terhadap sosial. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 kurang dari 0.05. (4) ada pengaruh signifikan antara kepribadian terhadap kinerja. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 kurang dari 0.05. (5) Ada pengaruh sangat signifikan antara kepribadian terhadap motivasi. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,00 kurang dari 0.05. (6) Ada pengaruh signifikan antara kepribadian terhadap hasil belajar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,004 kurang dari 0.05. (7) Ada pengaruh signifikan antara pedagogik terhadap professional. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (8) Ada pengaruh signifikan antara pedagogik terhadap sosial. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (9) Ada pengaruh signifikan antara pedagogik terhadap kinerja. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (10) Ada pengaruh signifikan antara pedagogik terhadap motivasi. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (11) Ada pengaruh signifikan antara pedagogik terhadap hasil belajar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.03 kurang dari 0.05. (12)Ada pengaruh signifikan antara professional terhadap sosial. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (13)Ada pengaruh signifikan antara professional terhadap kinerja. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (14)Ada pengaruh signifikan antara professional terhadap motivasi. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (15)Ada pengaruh signifikan antara professional hasil belajar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.02 kurang dari 0.05. (16) Ada pengaruh signifikan antara sosial terhadap kinerja guru. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (17) Ada pengaruh signifikan antara sosial terhadap motivasi belajar. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (18) Ada pengaruh signifikan antara sosial terhadap hasil belajar. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.02 kurang dari 0.05. (19) Ada pengaruh signifikan antara kinerja guru terhadap motivasi belajar. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (20) Ada pengaruh signifikan antara kinerja guru terhadap hasil belajar. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.02 kurang dari 0,05. (21) Ada pengarih signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dari hasil analisis data taraf interval5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.02 kurang dari 0.05. (22) Ada pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian terhadap pedagogik melalui professional. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.02 kurang dari 0,05.(23) Tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap professional melalui sosial. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,844 lebih dari 0.05. (24) Ada pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap professional melalui kepribadian. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (25) Ada pengaruh signifikan antara kompetensi professional terhadap sosial melalui kepribadian. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0.00 kurang dari 0.05. (26) Tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap profesioanl terhadap sosial melalui motivasi belajar. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,703 lebih besar dari 0.05. (27) Tidak ada pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian terhadap pedagogik terhadap professional terhadap sosial terhadap kinerja terhadap motivasi belajar melalui hasil belajar. Dari hasil analisis data taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,210 lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174025 FATHMIA NUR ’AINI
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:12
Last Modified: 01 Aug 2019 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item View Item