Agus Rohman, Prasetiyo (2012) Pengaruh Metode Hukuman terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar Al- Qur’an Hadis Siswa- Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. [ Skripsi ]
Text
BAB I.rtf Download (198kB) |
|
Text
ABSTRAK.doc Download (1MB) |
|
Text
BAB III.docx Download (46kB) |
|
Text
bab II.rtf Download (946kB) |
|
Text
BAB IV baru.docx Download (554kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (33kB) |
Abstract
Kata kunci : Metode Hukuman Motivasi dan Kedisiplinan Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa metode pemberian hukuman dalam proses pendidikan dapat mempengaruhi motivasi dan kedisiplinan belajar Al-Qur’an Hadis siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah metode hukuman yang diterapkan dengan motivasi dan kedisiplinan belajar Al-Qur’an Hadis siswa- siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. Permasalahan: (1). Adakah Pengaruh Metode Hukuman Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa- Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek? (2) Adakah Pengaruh Metode Hukuman Terhadap Kedisiplinan Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa- Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek? Hipotesis Penelitian: (1). Ada korelasi yang positif dan signifikan antara metode hukuman terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. (2). Ada korelasi yang positif dan signifikan antara intensitas metode hukuman tehadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas X (MAN) Trenggalek. (3). Ada korelasi yang positif dan signifikan antara metode hukuman terhadap kedisiplinan belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. (4). Ada korelasi yang positif dan signifikan antara intensitas metode hukuman terhadap kedisiplinan belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. Metode Penelitian: (1). Pola penelitian: deskriptif korelatif. (2). Populasi: Seluruh seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. Sampling: Purposive Sampling. Sampel: seluruh siswa kelas XA dan XB Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. (3). Variabel: variabel X yaitu Metode Hukuman, , variabel Y1 yaitu: Motivasi Belajar, dan Variabel Y2 yaitu: Kedisiplinan Belajar. Data: Primer dan Sekunder. (4). Metode dan Instrumen: metode observasi instrumennya: rating scale, metode angket instrumennya: daftar pernyataan, dan metode dokumentasi instrumennya: resume card. (5). Teknik analisis data: data penelitian dianalisis dengan statistik menggunakan rumus “Product Moment”. Hasil- hasil Penelitian: (1). Metode hukuman yang diterapkan baik dan membimbing. (2). Metode hukuman yang diterapkan mempengaruhi Motivasi belajar siswa namun sangat lemah sehingga dianggap tidak ada. (3). Motivasi belajar iswa lebih meningkat dengan adanya metode hukuman namun sangat lemah. (4). Metode hukuman yang diterapkan mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa namun sangat lemah. (5). Motivasi belajar iswa lebih meningkat dengan adanya metode hukuman namun sangat lemah Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus Product Moment. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa 1). Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara metode hukuman terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa- siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. Hasil hitung menunjukan bahwa nilai 0,067 bila di konsultasikan dengan tabel 2.1 nilai berkisar antara 0,00- 0,20. Dengan demikian, hipotesis alternatif di tolak dan hipotesis nihil diterima. Sehingga ada hubungan namun hubungan tersebut sangat lemah sehingga diabaikan jadi tidak terdapat hubungan antara metode hukuman yang diterapkan terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis Siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. 2). Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara metode hukuman terhadap kedisiplinan belajar Al-Qur’an Hadis siswa- siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. Hasil hitung menunjukan bahwa nilai 0,057 bila di konsultasikan dengan tabel 2.1 nilai berkisar antara 0,00- 0,20. Dengan demikian, hipotesis alternatif di tolak dan hipotesis nihil diterima. Sehingga ada hubungan namun sangat rendah sehingga diabaikan jadi tidak terdapat hubungan antara metode hukuman yang diterapkan terhadap kedisiplinan belajar Al-Qur’an Hadis Siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 04:31 |
Last Modified: | 11 Feb 2015 04:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1256 |
Actions (login required)
View Item |