STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK KEPADA SISWA DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MOH. AHSANI MUADIB, 17205153345 (2019) STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK KEPADA SISWA DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembinaan Akhlak kepada Siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” di tulis oleh Moh. Ahsani Muadib, NIM. 17205153345, Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata kunci : Strategi, Akhlak, dan Siswa Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perancangan strategi guru dalam pembinaan akhlak kepada siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana aktualisasi strategi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana implikasi dari aktualisasi strategi guru dalam pembinaan akhlak kepada siswa? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancar mendalam, observasi, dan dokumentasi pada guru kelas kelas 4, siswa, dan kepala sekolah. teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dan pembahasan yaitu : 1 . Perancangan strategi guru dalam pembinaan akhlak kepada siswa adalah membuat program-program yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yang berkaitan dengan pembinaan akhlak para siswa seperti kegiatan keagamaan. Membuat peraturan, menerapkan budaya 5S (Senyum, Salam, Salim, Sapa, Santun) dan menerapkan 10 budaya malu kepada siswa. 2. Aktualisasi srategi guru dalam pembinaan akhlak kepada siswa yaitu dengan melakukan pembiasaan kegiatan keagamaan, memberikan teladan yang baik kepada siswa, memberi nasihat dan hukuman jika perlu kepada siswa 3. Implikasi dari aktualisasi strategi guru dalam pembinaan akhlak kepada siswa adalah a. sholat sudah mulai teratur, bacaan Al Quran anak-anak juga sudah membaik, dan terbiasa berdoa sebelum dan sesudah pelajaran b. akhlak terhadap guru dan teman sebaya mereka sudah baik c. akhlak terhadap lingkungan juga sudah mulai terwujud seperti menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, ketika jadwalnya piket mereka juga melaksanakanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153345 MOH. AHSANI MUADIB
Date Deposited: 02 Aug 2019 01:54
Last Modified: 02 Aug 2019 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item