IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 JOMBANG

RITA AINUR ROFIKOH, 17201153248 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang” ini ditulis oleh Rita Ainur Rofikoh, NIM. 17201153248, Pembimbing Dr. Luluk ‘Atirotu Zahroh M. Ag. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter Disiplin Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perilaku menyimpang khususnya dalam kehidupan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Perilaku menyimpang tersebut diantaranya adalah berbicara kotor, membolos sekolah, tidak mentaati peraturan sekolah, tidak disiplin, merokok, ikut geng motor dan tidak bertata krama. Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin dengan berbagai cara salah satunya dengan memanggil siswa untuk menghadap guru bimbingan konseling ketika alpha satu kali dan berkunjung ke rumah orangtua siswa ketika ada masalah siswa. Dengan demikian melalui implementasi pendidikan karakter disiplin ini diharapkan siswa bisa lebih disiplin dalam menuntut ilmu agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai dengan baik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis berkeinginan membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul implementasi pendidikan karakter disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang; (2) Bagaimana hambatan implementasi pendidikan karakter disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang; (3) Bagaimana hasil implementasi pendidikan karakter disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang; (2) Untuk mendeskripsikan hambatan implementasi pendidikan karakter disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang; (3) Untuk mendeskripsikan hasil implementasi pendidikan karakter disiplin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Implementasi pendidikan karakter disiplin (waktu, sosial, beribadah, belajar) di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang bertujuan untuk mengantarkan kesuksesan siswa yang dilakukan dengan langkah langkah pembiasaan, tauladan, penyadaran dan pengawasan; (2) Hambatan implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang adalah kurangnya kesadaran diri siswa dalam menerapkan disiplin, kurangnya pengawasan dari guru dan orangtua, dan kurangnya komunikasi antar madrasah dengan orangtua; (3) Hasil dari implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang adalah membantu perkembangan siswa, menciptakankepatuhan, menumbuhkan tanggungjawab, menumbuhkan kepedulian, dan tercapainya tujuan belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153248 RITA AINUR ROFIKOH
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:08
Last Modified: 01 Aug 2019 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item