LAILI FITRIANA MAHMUDAH, 17205153074 (2019) PROGRAM EKSTRAKURIKULER TAHFĪDZ AL-QUR’ĀN [Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung]. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (857kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (514kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (202kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (339kB) |
||
|
Text
Bab II.pdf Download (956kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (881kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
Bab V.pdf Download (680kB) |
||
|
Text
Bab VI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Laili Fitriana Mahmudah, NIM. 17205153074, 2019 M, “Program Ekstrakurikuler Tahfīdz Al-Qur‟ān [Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung]”, Skripsi, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag. Kata kunci: Tahfīdz Al-Qur‟ān. Fokus penelitian: 1. Bagaimana prosedur penetapan dari Program Ekstrakurikuler Tahfīdz Al-Qur‟ān di MI tersebut ?, 2. Bagaimana prosedur implementasi dari Program Ekstrakurikuler Tahfīdz Al-Qur‟ān di MI tersebut ?, 3. Bagaimana implikasi dari Program Ekstrakurikuler Tahfīdz Al-Qur‟ān di MI tersebut ?. Penelitian ini dengan dipandu teori tahfīdz al-Qur‟ān penulis belajar mengindahkan konstruksi “paradigma Islāmīy (bayānīy, burhānīy, „irfānīy)” kendati perlu mengadopsi “paradigma postpositivistik-interpretif”. Kehadiran peneliti: mulai 30 November 2018. Sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan madrasah. Teknik pengumpulan data: Observasi partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi yang disertai pembuatan Ringkasan Data. Prosedur analisis data: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikut-sertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi antar sumber dan informan, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian : 1. Prosedur penetapan dari program ekstrakurikuler tahfīdz al-Qur‟ān, adalah diawali dari ide kepala madrasah yang direspon dengan baik oleh pengurus madrasah dan para guru serta stakeholders dan dimufakati dalam rapat-musyawarah antar mereka untuk menjadi bagian dari program kerja madrasah ke arah memperkokoh multikecerdasan setiap siswa-siswi mengenai al Qur‟ān, dilanjut penunjukkan seorang guru sebagai koordinator program, pengangkatan guru tahfīdz, dan pensosialisasian program kepada calon siswa siswi dan masyarakat; 2. Prosedur implementasi dari program ekstrakurikuler tahfīdz al-Qur‟ān, adalah dengan membaca-menghafal-menulis al-Qur‟ān sebagai muatan kegiatan, penerapan metode bimbingan yang sinergis antara membaca bersama al-Qur‟ān-muraja‟ah-mensetorkan hafalan al-Qur‟ān-menulis al-Qur‟ān memperkokoh motivasi ketika siswa-siswi di madrasah di rumah orang tuanya maupun di masyarakat; 3. Implikasi dari program ekstrakurikuler tahfīdz al Qur‟ān, adalah terdapat kecenderungan pada para siswa-siswi semakin menguat hafalan al-Qur‟ān dengan fenomena semakin banyak ayat dan surat yang telah dihafalkan, dan semakin menguat pemahaman nilai-nilai atas ayat-ayat al-Qur‟ān yang telah dihafalkan, serta semakin menguat aktualisasi ketaqwaan mereka yang sehari-hari diperlihatkan melalui perilaku keimanan, peribadatan, dan pergaulan dengan para guru dan sesama siswa-siswi juga orang tua mereka dengan nuansa nilai karakter rajin-disiplin-keikhlasan sebagai modal utama menghadapi dinamika kehidupan masa depan yang semakin kompleks.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153074 LAILI FITRIANA MAHMUDAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 02:36 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12603 |
Actions (login required)
View Item |