DEFITA FITRI WULANDARI, 17205153088 (2019) PROGRAM TAHFĪDZ AL-QUR’ĀN [Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar]. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (201kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (399kB) |
Abstract
ABSTRAK Defita Fitri Wulandari, NIM. 17205153088, 2019 M, “Program Tahfīdz Al-Qur’ān [Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar]”, Skripsi, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M. Ag. Kata kunci : Program Tahfīdz Al-Qur’ān, Studi Kasus, Madrasah Ibtidaiyah. Fokus penelitian : 1. Bagaimana prosedur penetapan Program Tahfīdz Al Qur’ān di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar ?; 2. Bagaimana prosedur penyelenggaraan Program Tahfīdz Al-Qur’ān di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar ?; 3. Bagaimana implikasi dari penyelenggaraan Program Tahfīdz Al-Qur’ān di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar terhadap penguatan hafalan Al-Qur’ān para siswa dan ketaqwaan mereka ?. Penelitian ini dengan dipandu teori tahfīdz al-Qur’ān, Penulis belajar mengindahkan konstruksi “paradigma Islāmīy (bayānīy, burhānīy, ‘irfānīy)”, kendati mengadop “paradigma postpositivistik-interpretif”. Kehadiran peneliti : mulai 30 November 2018. Sumber data : informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan madrasah. Teknik pengumpulan data : Observasi partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi yang disertai pembuatan Ringkasan Data. Prosedur analisis data : kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Metode analisis data : deduksi, induksi, komparasi. Hasil penelitian : 1. Prosedur Penetapan Program Tahfīdz Al-Qur’ān, adalah diawali dari ide kepala madrasah yang direspon dengan baik oleh pengurus yayasan dan para guru serta stakeholders dan dimufakati dalam musyawarah antar mereka untuk menjadi bagian dari program kerja madrasah, dilanjut penunjukkan seorang guru sebagai koordinator program, pengangkatan hafīdzah sebagai ustādzah, penentuan persyaratan siswa-siswi calon peserta program, dan pensosialisasian program; 2. Prosedur Penyelenggaraan Program Tahfīdz Al Qur’ān, adalah dengan penyeleksian penerimaan siswa-siswi peserta program, penyusunan jadwal pembelajaran tahfīdz al-Qur’ān, penerapan metode bimbingan yang sinergis memperkokoh motivasi dan perhatian serta penerapan menghafalkan al-Qur’ān ketika siswa-siswi di madrasah, di rumah, di masyarakat; 3. Implikasi Program Tahfīdz Al-Qur’ān terhadap penguatan hafalan Al-Qur’ān para siswa dan ketaqwaan mereka, adalah terdapat kecenderungan pada para siswa-siswi peserta program semakin menguat hafalan al-Qur’ān dengan fenomena semakin banyak ayat dan surat yang telah dihafalkan, dan semakin menguat pemahaman nilai-nilai atas ayat-ayat Al-Qur’ān yang telah dihafalkan, serta semakin menguat akutualisasi ketaqwaan mereka yang sehari-hari diperlihatkan melalui perilaku keimanan, peribadatan, dan pergaulan dengan para guru dan sesama mereka juga orang tua mereka sebagai modal utama menghadapi dinamika era globalisasi sekaligus era revolusi industri 4.0 yang semakin sarat problematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153088 DEFITA FITRI WULANDARI |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 02:39 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12605 |
Actions (login required)
View Item |