PENGARUH PROGRAM TAHFIDZUL QURAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK SD KAMPUNG DALEM 1 TULUNGAGUNG

ERLIS ZAINATUR ROSYIDAH, 17205153265 (2019) PENGARUH PROGRAM TAHFIDZUL QURAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK SD KAMPUNG DALEM 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ” Pengaruh Program Tahfidz Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Peserta Didik SDN Kampung Dalem 1 Tulungagung” ditulis oleh Erlis Zainatur Rosyidah, NIM. 17205153265, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H Syamsun Ni’am, M.Ag, NIP. 19730214 200003 1 001 Kata Kunci: Program Tahfidzul Quran, Kecerdasan Emosionl, Kecerdasan Spiritual. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu program tahfidzul quran di suatu sekolah dasar yang pada dasarnya sekolah tersebut bukan madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar islam, apakah adanya program tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah program tahfidzul quran dengan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik SDN Kampung Dalem 1 Tulungagung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh program tahfidzul quran terhadap kecerdasan emosional (EQ) peserta didik di SD Kampung Dalem 1 Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh program tahfidzul quran terhadap kecerdasan spiritual (SQ) peserta didik di SD Kampung Dalem Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh program tahfidzul quran terhadap kecerdasan emosional (EQ) dan spiritual (SQ) peserta didik di SD Kampung Dalem Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh program tahfidzul quran terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SD Kampung Dalem 1 Tulungagung, pengaruh program tahfidzul quran terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SD Kampung Dalem 1 Tulungagung, serta pengaruh program tahfidzul quran terhadap kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SD Kampung Dalem Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN kampung Dalem 1 dengan jumlah 941 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel yang diambil berjumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi.teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji independent t-test dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara program tahfidzul Quran terhadap kecerdasan emosional(EQ) peserta didik SDN Kampung Dalem 1 Tulungagung. Dari analisis data menunjukan nilai thitung 1.840 > nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1.687. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara program tahfidzul Quran terhadap kecerdasan Spiritual (SQ) peserta didik SDN Kampung Dalem 1 Tulungagung. Dari analisis data menunjukan nilai thitung 2.077 > nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1.687. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara program tahfidzul Quran terhadap kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan Spiritual (SQ) peserta didik SDN Kampung Dalem 1 Tulungagung. Dari hasil analisis perhitungan Roy's Largest Root diperoleh hasil signifikansi 0,002 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: febria 17202153076 Febria Afifatul Izza
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:17
Last Modified: 30 Mar 2020 10:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item View Item