VINA AGUSTIN, 17207153025 (2019) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTSN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Vina Agustin, NIM. 17207153025. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Drs. H. Masduki, M.Ag Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Kinerja Guru. Kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru. Hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab kepala sekolah sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan. Salah satu penentu kinerja guru adalah peran kepala sekolah. Yaitu bagaimana kepala sekolah meningkatkan kinerja guru melalui strategi strategi yang diberikannya. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. (2) Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. (3) Dampak strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Peran, Strategi dan Dampak strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung sebagai Supervisor, Educator dan Motivator. (2) Strategi yang digunakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja guru di MTsN 2 Tulungagung dibagi menjadi dua bagian, yaitu strategi formal dan no formal. Strategi formal terdiri dari persiapan, metode dan evaluasi kepala sekolah dalam Meningkatkan Kinerja guru, serta beberapa kegiatan pelatihan dan workshop. Sedangkan startegi non Formal terdiri dari pemberian motivasi, Pemberian Reward dan Punishment, dan Pembinaan kedisiplinan. (3) Dampak Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung sebagai berikut: a) Terjadi peningkatan kualitas dari para guru terutama dalam mengelola kelas dengan mengadakan pengawasan secara strategis (Perencanaan, metode dan evaluasi). b) Meningkatkan kemandirian, kompetensi dan terciptanya guru yang mumpuni dalam profesinya masing-masing dan saling membantu antara yang lain apabila ada kekurangan atau kesulitan. c) Guru termotivasi untuk mencari wawasan keilmuan dari berbagai sumber. d) Meningkatkan kinerja yang positif dan produktif. c) Disiplin waktu dan guru berusaha keras untuk disiplin dimana pun berada.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153025 VINA AGUSTIN |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 03:07 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12630 |
Actions (login required)
View Item |