KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LUTHFI KAURUN KARIIMAH, 17204153258 (2019) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA KELAS X SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi .pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Disposisi Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Luthfi Kaurun Kariimah NIM. 17204153258, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M.Kes. Ph. D. Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal, Disposisi Matematika Dalam prosesnya memecahkan masalah hal yang dilakukan siswa bukan hanya hasilnya yang dinilai tetapi juga sikap siswa dalam proses memecahkan masalah, sikap yang dimaksud dalam hal ini adalah disposisi matematika. Kebanyakan siswa yang kurang tertarik dengan pelajaran matematika akan mengabaikan guru saat menjelaskan materi di kelas, merasa matematika itu pelajaran yang sulit, tidak menyenangkan, suasana kelas yang tidak kondusif ini membuat materi yang disampaikan guru menjadi sia-sia karena siswa tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini berdampak saat siswa mendapat tugas dari guru untuk menyelesaikan soal, hanya siswa yang memperhatikan saja yang dapat menyelesaikan soal, siswa yang tidak memperhatikan akan menyerah dan tidak mencoba untuk mengerjakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari disposisi matematika tinggi. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari disposisi matematika sedang. (3) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari disposisi matematika rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes soal, angket atau kuesioner, dan wawancara. Dalam penelitian ini dipilih enam siswa sebagai subjek penelitian. Dua siswa dengan tingkat disposisi matematis tinggi, dua siswa dengan tingkat disposisi matematis sedang dan dua siswa dengan tingkat disposisi matematis rendah akan di deskripsikan kemampuan menyelesaikan soal dengan materi trigonometri. Berdasarkan paparan data dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa (1) siswa dengan tingkat disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan menyelesaikan soal sangat baik. (2) siswa dengan tingkat disposisi matematis sedang memiliki kemampuan menyelesaikan soal cukup baik. (3) siswa dengan tingkat disposisi matematis rendah memiliki kemampuan menyelesaikan soal kurang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153258 LUTHFI KAURUN KARIIMAH
Date Deposited: 02 Aug 2019 06:07
Last Modified: 02 Aug 2019 06:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12686

Actions (login required)

View Item View Item