M. HARUN AL ROSYID, 2811133141 (2019) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (329kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (163kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung” ini ditulis oleh Harun Al Rosyid, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM: 2811133141 Tahun 2019 dibimbing oleh Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci : Supervisi Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian dilatarbelakangi bahwa kepala sekolah sebagai supervisor memiliki tanggung jawab besar dalam pembentukan seorang guru yang profesional. Mengingat guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengawasi peserta didik. Dalam hal ini penulis mendiskripsikan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung. Fokus penelitian: 1) Bagaimana langkah-langkah supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung?, 2) Bagaimana hambatan dalam pelaksanakan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung? 3) Bagaimana dampak pelaksanakan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanakan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanakan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung. Metode penelitian: 1) Pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: deskriptif. 2) Lokasi penelitian di MA Bustanul Ulum Tulungagung. 3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi di MA Bustanul Ulum Tulungagung. 4) Sumber Data: a) Data primer: Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah. b) Data skunder: dokumentasi, serta arsip-arsip penting lainya. 5) Prosedur Pengumpulan Data: Observasi, wawancara, dan dokumentasi, 6) Tehnik Analisis Data: reduksi data, display atau sajian data, dan verifikasi/ penyimpulan data 7) Pengecekan keabsahan temuan: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/ keajegan pengamat, dan trianggulasi. 8) Tahab-tahap Penelitian: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahab analisa data, tahap pelaporan.Hasil penelitian: 1) Langkah-langkah supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung dengan melakukan bimbingan kepada guru PAI serta mengikutsertakan guru PAI dalam diklat maupun workshop dan juga memberikan pendampingan langsung mulai dari pembuatan perangkan pembelajaran dan juga dalam proses pembelajaran, melakukan pengamatan dan evaluasi baik secara langsung maupun tidak langsung kepada guru PAI mulai dari pembuatan perangkan pembelajaran dan juga dalam proses pembelajaran dan memberikan solusi dan masukan terhadap guru PAI apabila ada kekurangan dalam proses pembelajaran, 2) Hambatan dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung yaitu penyesuaian terhadap perubahan kurikulum dari pemerintah dan kurangnya pembinaan terhadap kurikulum baru yang ditetapkan oleh pemerintah, tidak ada guru yang meningkatkan profesionalismenya sendiri dan cenderung menunggu perintah dari sekolah untuk mengikuti diklat dan workshop yang diadakan pemerintah, sehingga kepala sekolah harus memberikan bimbingan dan menertibkan jam pelajaran guru PAI untuk mencapai standar pembelajaran, 3) Dampak pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung yaitu masalah-masalah dalam proses pembelajaran dapat dicarikan solusinya, sehingga guru PAI dapat mempraktekkan cara mengajar yang baru dengan motivasi yang tinggi, guru PAI semakin berkualitas dan professional dalam proses pembelajaran, kompetensi guru semakin meningkat baik kompetensi pedagodig, sosial, profesioal dan kepribadian. Tugas pokok guru dalam perencanaan pembelajaran, proses dan evaluasi pembelajaran semakin baik dan dapat menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran PAI.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133141 M. HARUN AL ROSYID |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 04:49 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 04:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12690 |
Actions (login required)
View Item |