PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS SISWA MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ELOK PUSPITASARI, 17205153233 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS SISWA MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB 1V.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Energi Panas Siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Elok Puspitasari, NIM. 17205153233, Pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Time Token, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa model pembelajaran yang diajarkan oleh guru kurang menarik siswa untuk aktif dalam belajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah motivasi belajar dan hasil belajar IPA materi energi panas dengan model pembelajaran Time Token di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap motivasi belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama model pembelajaran Time Token terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap motivasi belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama model pembelajaran Time Token terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung sebagai dasar untuk memperbaiki model pembelajaran yang diajarkan kepada siswa serta memperbaiki motivasi dan hasil belajar siswa. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 55 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V-A dan kelas V-B. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan di dukung dengan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova dengan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini observasi, angket, tes dan dokumentasi.Angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkah laku siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Dokumentasi digunakan menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumentasi madrasah. Sedangkan penilaian digunakan untuk mengetahui karakteristik, sikap, kepribadian siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Ada pengaruh model pembalajaran time token terhadap motivasi belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova, untuk motivasi belajar diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, (2) Ada pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji manova, untuk hasil belajar siswa dipeoleh, Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran time token terhadap hasil belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (3) Ada pengaruh secara bersama-sama model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA materi energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji manova, untuk motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA matari energi panas siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153233 ELOK PUSPITASARI
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:49
Last Modified: 05 Aug 2019 04:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item View Item