PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUGU TRENGGALEK

DINING YUNITASARI, 17204153202 (2019) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kecerdasan Logis Matematis dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu Trenggalek” ini ditulis oleh Dining Yunitasari, NIM 17204153202, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung oleh Dra. Hj. Umy Zahro, M, Kes., Ph. D. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika Keberhasilan siswa dalam belajar ditentukan dari beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang berpengaruh yaitu kecerdasan yang dicetuskan oleh Howard Gardner yang semakin berkembang. Dari berbagai macam kecerdasan yang berkembang, peneliti mengangkat kecerdasan logis matematis karena dalam pembelajaran matematika kita membutuhkan kemampuan untuk menghitung, mengukur dan memecahkan masalah. Sedangkan motivasi merupakan pendorongan seseorang untuk bertindak. Dalam hal ini, ada kaitan antara kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu Trenggalek. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu Trenggalek. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu Trenggalek. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu Trenggalek yang berjumlah 183 siswa. Adapun yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui:(1) Ada pengaruh kecerdasan logis matematisterhadap hasil belajar matematika siswa pada taraf signifikansi 0,000. (2) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada taraf signifikansi 0,000.(3) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada taraf signifikansi 0,092.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153202 DINING YUNITASARI
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:56
Last Modified: 08 Aug 2019 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12694

Actions (login required)

View Item View Item