CENTRIA BAYU AJI PAMUNGKAS, 1720515303 (2019) PENGARUH SIKAP SOSIAL KERJASAMA DAN SOLIDARITAS SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 2 KARANGSOKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (467kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
xvii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Sikap Sosial Kerjasama dan Solidaritas Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 2 Karangsoko Trenggalek” yang ditulis oleh Centria Bayu Aji Pamungkas, NIM. 17205153303, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Sikap Sosial Kerjasama, Solidaritas Sosial, Motivasi Belajar Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya sikap sosial kerjasama dan solidaritas sosial dalam kegiatan belajar mengajar. Sikap sosial kerjasama dan solidaritas sosial di era globalisasi ini mulai luntur yang disebabkan karena masyarakat individulialis dan kurang dalam bersosialisasi. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui masih adakah pengaruh sikap sosial kerjasama dan solidaritas sosial terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Karangsoko Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh sikap sosial kerjasama terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Karangsoko Trenggalek? (2) Adakah pengaruh solidaritas sosial terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Karangsoko Trenggalek? (3) Adakah pengaruh sikap sosial kerjasama dan solidaritas sosial secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Karangsoko Trenggalek? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap sosial kerjasama dan solidaritas sosial, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa kelas V, VI SDN 2 Karangsoko Trenggalek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 2 Karangsoko Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel atau teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Purposive sampling memilki karakteristik salah satunya adalah pernyataan pernyataan pada angket bisa dipahami oleh anak usia kurang lebih 12 tahun, hal ini sudah sesuai dengan angket-angket dalam penelitian ini yaitu angket sikap sosial kerjasama, angket solidaritas sosial, dan angket motivasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN 2 Karangsoko yang berjumlah 48 siswa sebagai kelas sampel dan siswa kelas VI SD 1 Karangsoko yang berjumlah 29 sebagai kelas uji coba, tetapi peneliti hanya mengambil 15 responden untuk uji coba. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data adalah, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap sosial kerjasama, hasil menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi sikap sosial kerjasama dari thitung (3,097) > ttabel (2,0141) dan nilai Signifikansi(0,003) < (0,05) yang sehingga H0 ditolak. Variable sikap sosial kerjasama pada tabel koefisien beta menunjukan nilai sebesar 0,639. Hal ini menunjukan bahwa sikap sosial kerjasama memberikan pengaruh sebesar 0,639 terhadap motivasi belajar. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan solidaritas sosial, hasil menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi solidaritas sosial dari t hitung (2,181) > ttabel (2,0141) dan nilai Signifikansi (0,034) < (0,05) sehingga H0 ditolak. Variable solidaritas sosial pada tabel koefisien beta menunjukan nilai sebesar 0,320. Hal ini menunjukan bahwa solidaritas sosial memberikan pengaruh sebesar 0,320 terhadap motivasi belajar. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap sosial kerjasama dan solidaritas sosial secar bersama-sama terhdap motivasi belajar siswa ,hasil regresi adalah dengan taraf Signifilansi 0,000. Selanjutnya didapat nilai Ftabel = 3,20 untuk taraf Sig. 5%. Karena taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan F hitung (12,517) > Ftabel (3,20) maka h0 ditolak. Dari data di atas didapat angka Adjusted R Square sebesar 0,329 artinya 32,9% variabel terikat yakni motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel bebas yang terdiri dari sikap sosial kerjasama dan sikap sosial solidaritas. Sedangkan sisanya sebesar 67,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar regresi yang digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1720515303 CENTRIA BAYU AJI PAMUNGKAS |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 08:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 08:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12699 |
Actions (login required)
View Item |