PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK

MAULIDYA KHOIRINA, 17205153310 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (819kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
BAB V .pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek” ini ditulis oleh Maulidya Khoirina, NIM 17205153310, pembimbing Dita Hendriani MA. Kata kunci : Problem Solving, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika. Pembelajaran merupakan wadah untuk menyalurkan suatu pengetahuan yang baru kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kenyataannya dalam proses penyaluran pengetahuan timbul beberapa kendala yang dihadapi. Terdapat siswa yang pasif dalam pembelajaran seperti tidak mau menulis. Motivasi siswa juga kurang dalam mengikuti pembelajaran disebabkan siswa masih kesulitan dalam menerapkan materi yang dipelajari dengan lingkungan sekitar. Kondisi siswa yang seperti itu menyebabkan prestasi belajarnya menurun. Untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar pada siswa diperlukannya suatu metode pembelajaran yang tepat dengan kondisi siswa. Metode pembelajaran problem solving yang mengaitkan materi dengan lingkungan. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika di MI Al Huda Rejowinangun? 2) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika di MI Al Huda Rejowinangun? 3) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika di MI Al Huda Rejowinangun? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasinya adalah siswa kelas IV MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek yang berjumlah 52 siswa. Sampel penelitiannya yaitu kelas IV A dan kelas IV B dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas, selanjutnya terdapat dua uji prasyarat hipotesis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji manova. Hasil dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. 1) Data hasil output uji t-test motivasi belajar siswa diperoleh thitung (2,275) ˃ ttabel (2,009575) dengan nilai sig. 0,027 maka Ho ditolak. 2) Data hasil output uji t-test prestasi belajar siswa diperoleh thitung (5,734) ˃ ttabel (2,009575) dengan nilai sig. 0,000 maka Ho ditolak. 3) Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil analisisuntuk motivasi belajar dan prestasi belajar menggunakan MANOVA diperoleh harga F nilai motivasi belajar sebesar 5,177 dan nilai Rsquared = 0,076 atau 7,6% dengan nilai sig. 0,027, sedangkan harga F nilai prestasi belajar sebesar 32,879 dan Rsquared = 0,385 atau 38,5 % dengan nilai sig. 0,000. Sehingga ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153310 MAULIDYA KHOIRINA
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:53
Last Modified: 02 Aug 2019 08:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item