PIPIT INDRIANI, 17201153057 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Pipit Indriani, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 17201153057 dibimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Upaya Guru, Pengembangan, Kecerdasan Spiritual Konteks penelitian dari skripsi ini karena seorang pendidik memilki peranan yang penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan Islam. Seorang pendidik diharapakan mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan pada diri peserta didik dan tidak hanya mengerjakannya saja. Demikian nilai-nilai keagamaan tidak hanya sekedar teori saja akan tetapi nilai-nilai keagamaan tersebut akan tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Mengingat pentingnya kecerdasan spiritual bagi kehidupan manusia, termasuk kehidupan anak dan remaja agar tidak terjadi ketimpangan dalam kehidupan, maka berbagai konsep dibuat guna membantu seseorang dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Salah satu diantaranya adalah pembinaaan dan penanaman kecerdasan spiritual di lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana persiapan pengembangan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, 2) bagaimana pelaksanaan pengembangan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, 3) bagaimana evaluasi dan kontrol pengembangan kecerdasan spiritual siswa di Smpn 3 Kedungwaru Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Persiapan guru PAI dalam pengembangan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung: mengadakan rapat dan pembinaan untuk guru-guru, mempersiapkan media-media yang mendukung tercapainya pengembangan kecerdasan spiritual, dan melakukan evaluasi terkait kegiatan pengembangan kecerdasan spiritual. 2) Pelaksanaan pengembangan kecerdasan spiritual yang dilakukan guru PAI dalammengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung: menggunakan pembiasaan berdoa sebelum memulai pelajaran, membaca surat-surat pendek dan asmaul husna, pembiasaan shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah dan shalat jumat disekolahan, memberikan hikmah-hikmah keteladanan dari guru, penggunaan pembelajaran dengan humor, dan ekstrakulikuler keagamaan. 3) Evaluasi pengembangan kecerdasan spiritual yang dilakukan oleh guru PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung: dengan menggunakan praktek keagamaan, absensi shalat, pemberian punishment, penilaian sikap, dan kerjasama dengan orang tua wali.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153057 PIPIT INDRIANI |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 07:02 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12764 |
Actions (login required)
View Item |