LUTFI YULIANA, 17205153100 (2019) KREATIVITAS GURU PADA PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Pada Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Lutfi Yuliana, NIM 17205153100, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang dibimbing oleh Bapak Muh. Basuni, M.Pd. Kata Kunci :Kreativitas Guru, Pengelolaan Kelas, Kedisiplinan Belajar Penelitian ini berkaitan dengan kreativitas guru di dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik.Kreativitas guru dalam mengelola kelas dapat mempengaruhi suatu kedisiplinan belajar dari peserta didik. Kedisiplinan belajar peserta didik sangat berpengaruh terhadap prestasi dan keberhasilan suatu proses pendidikan. Seorang guru diharapkan mampu menampilkan dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar dan mengelola kelas agar tujuan suatu pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Dengan adanya guru yang kreatif dalam mengelola kelas, maka akan terciptanya suatu kedisiplinan belajar di dalam kelas dan kondisi kelas yang kondusif serta efektif. Guru harus mampu mengelola kelas seefektif mungkin, untuk melakukannya guru mungkin mempunyai banyak cara dalam mengatur kelas yang cocok sebagai tempat belajar peserta didik. Pengaturan atau pengelolaan kelas menjadi salah satu faktor dari suatu keberhasilan proses pendidikan. Namun ada beberapa guru yang kurang memperhatikan pertimbangan dari faktor ini. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengelolaan kelas yang dapat meningkatkan suatu kedisiplinan belajar peserta didik dengan fokus penelitian yang akan di uji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kreativitas guru dalam penataan lingkungan fisik ruang kelas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam mengatur penataan tempat duduk siswa untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengendalikan kondisi belajar siswa untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam penataan lingkungan fisik ruang kelas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. (2) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam mengatur penataan tempat duduk siswa untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. (3) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam mengendalikan kondisi belajar siswa untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Kreativitas guru dalam penataan lingkungan fisik ruang kelas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol yaitu dengan menghiasi ruang kelas dengan berbagai macam hasil karya dari peserta didik sendiri sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik agar terus berkarya, membentuk suatu peraturan tata tertib di dalam kelas, guna untuk menumbuhkan suatu kedisiplinan peserta didik dan ketertiban di dalam kelas, dan menyediakan sudut baca kecil di dalam masing-masing ruang kelas agar peserta didik lebih mendapatkan wawasan pendidikan yang luas, serta dapat menambah minat baca peserta didik. Dengan itu ruang kelas akan menjadi lebih efektif dan kondusif. (2) Kreativitas guru dalam mengatur penataan tempat duduk siswa untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol yaitu dengan membiasakan pengambilan lot (nomor tempat duduk) pada saat awal masuk kelas di pagi hari, mengelompokkan tempat duduk siswa berdasarkan nilai dari hasil belajar peserta didik sendiri selama satu atau dua minggu sekali, dan mengatur tempat duduk siswa dengan membentuk formasi huruf U agar kelas menjadi lebih luas dan peserta didik akan lebih aktif. (3) Kreativitas guru dalam pengendalian kondisi belajar siswa untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol dengan cara pembiasaan budaya antri di dalam kelas setiap akan mengumpulkan tugas dan lain-lain, serta pembiasaan sikap tenang jika di dalam kelas pada waktu pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153100 LUTFI YULIANA |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 04:42 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 04:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12771 |
Actions (login required)
View Item |